Peter Sagan Dipastikan Berlaga di Giro d'Italia 2020

Palu sudah diketuk. Peter Sagan dipastikan membalap di Giro d'Italia tahun ini. Kabar ini telah dibenarkan oleh Manajer tim Bora-Hansgrohe Ralph Denk. Demi melakoni debut di balapan paling bergengsi di Italia itu, Sagan rela melewatkan dua balapan Monumen, yaitu Paris-Roubaix dan Tour of Flanders.

Pandemi coronavirus membuat jadwal WorldTour berubah. Saling berdekatan, bahkan tumpang-tindih. Giro akan digelar 3-25 Oktober. Sedangkan Tour of Flanders akan digeber pada 18 Oktober. Sementara Paris-Roubaix berlangsung pada 25 Oktober.

Dalam konferensi pers yang diadakan Selasa (16/6), Denk memastikan bahwa sang juara dunia tiga kali tersebut akan berada di Italia selama Oktober nanti. Ya, Sagan dipastikan tampil di Giro tahun ini. "Peter akan berpartisipasi di sana," ujar Denk.


Sejak tahun kemarin Sagan memang berkomitmen untuk membalap di Giro 2020. Bahkan, rider 30 tahun itu juga menghadiri presentasi rute Giro d'Italia 2020 yang diadakan di Milan, Oktober 2019 lalu. Menurut Sagan, ia sudah berulang kali membalap di Italia. Namun belum pernah sekali pun berkiprah di Giro.

Denk tak menampik jika janji untuk debut di Giro itulah yang membuat Sagan berani melewatkan dua balapan Monumen, Paris-Roubaix dan Tour of Flanders. Padahal Sagan tidak pernah absen dari Paris-Roubaix sejak 2013. Ia juga tak pernah melewatkan Tour of Flanders sejak 2011.

"Itu bagian dari gaya kami, tentang bagaimana kami bekerja. Ini mungkin hanya kesepakatan jabat tangan. Akan tetapi, bagi kami itu sangat penting. Kami tetap memenuhinya. Itulah sebabnya Peter akan memenuhi komitmen ini dan mendapatkan dukungan penuh dari tim," bilang Denk.

Direktur olahraga Bora-Hansgrohe Enrico Poitschke menguraikan program Sagan musim ini. Pembalap Slovakia ini akan memulai balapan di Strade Bianche pada 1 Agustus. Kemudian dia akan turun di Milan-Torino, Milan-San Remo dan Criterium du Dauphine. Setelah itu ia akan membalap di Tour de France.

Setelah berjuang di Perancis, Sagan ingin balapan Kejuaraan Dunia Road yang berlangsung di Swiss pada 27 September. Namun karena jadwal yang mepet dengan Giro, bukan tidak mungkin Sagan akan absen di Kejuaraan Dunia tahun ini.(mainsepeda)

Foto: Bora-Hansgrohe, Getty Images


COMMENTS