Pogacar Juara UAE Tour Dua Kali Beruntun


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) meraih gelar pertamanya musim ini. Pembalap asal Slovenia itu juara UAE Tour 2022, Sabtu (26/2) malam waktu Indonesia. Ini adalah kemenangan kedua Pogacar secara berturut-turut di satu-satunya balapan WorldTour di Timur Tengah itu.

Setelah kemenangannya pada musim 2021, Pogacar menjadi unggulan utama di UAE Tour musim ini. Predikat itu selaras dengan performa Pogacar di atas sepeda. Juara dua edisi terakhir Tour de France ini meraih kemenangan di Etape 4. Kemenangan ini membuat Pogacar langsung naik ke puncak General Classification.

Pogacar berhasil mempertahankan posisinya di Etape 5 dan 6, kemudian menyempurnakan kiprahnya di dengan memenangi Etape 7. Rider 23 tahun ini melibas rute sepanjang 148 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 20 menit 24 detik.

"Kemenangan ini sangat penting. UAE Tour adalah balapan pertama musim ini. Tapi bagi kami ajang ini adalah salah satu yang terpenting. Oleh sebab itu saya sangat bangga dan bahagia bisa memenanginya," terang Pogacar selepas lomba.

Etape 7 membawa para pembalap start dari Al Ain. Kemudian peloton harus mendaki di Jebel Hafeet. Ini adalah tanjakan sepanjang 10,9 kilometer dengan ketinggian 1.030 meter dan gradien rata-rata 6,8 persen. Jebel Hafeet sekaligus penentu juara overall di UAE Tour.

Pogacar memasuki kaki Jebel Hafeet dengan pengawalan ketat dari ketiga rekannya, yakni Rafal Majka, George Bennett, dan Joao Almeida. Sedangkan rival terkuat Pogacar, Adam Yates asal Ineos Grenadiers, ditempel rider muda dari Australia, Luke Plapp.

Yates melancarkan manuver di sisa 3,2 kilometer. Pogacar langsung bereaksi dan menyusul pembalap asal Inggris itu. Tak berselang lama, Almeida dan Pello Bilbao (Bahrain Victorious) juga menyerang. Keduanya berhasil menangkap Pogacar dan Yates di sisa 2,3 kilometer.

Pogacar dan Yates menyerang lagi di kilometer terakhir. Kali ini Almeida dan Pello Bilbao tidak bereaksi. Pogacar untuk sekali lagi menunjukkan betapa hebatnya ia di tanjakan. Oa tanpa kesulitan meninggalkan Yates dan finis pertama di Etape 7. Kemenangan ini sekaligus membawanya menjadi pemenang UAE Tour 2022.

"Kita semua tahu bahwa serangannya adalah salah satu yang terbaik di dunia. Pada suatu momen saya benar-benar menderita, tetapi untungnya Adam juga sedikit melambat. Jadi semuanya berjalan sempurna untuk saya," ungkap Pogacar.

Pogacar memuncaki General Classification sekaligus meraih jersey merah. Selain itu, ia juga menjadi terbaik di Young Rider Classification dan berhak atas jersey putih. Sedangkan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) memuncaki Points Classification dan meraih jersey hijau. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 UAE Tour 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 3 jam 20 menit 24 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +5
4. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +15
5. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +16
6. Carlos Verona (Spanyol), Movistar +16
7. Rafal Majka (Polandia), UAE Team Emirates +16
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +30
9. Geoffrey Bounchard (Prancis), AG2R Citroen +53
10. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +53

Final General Classification (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 25 jam 38 menit 16 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +22
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +48
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +54
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +55
6. Carlos Verona (Spanyol), Movistar +1:17
7. Rafal Majka (Polandia), UAE Team Emirates +1:24
8. Geoffrey Bounchard (Prancis), AG2R Citroen +1:46
9. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:46
10. David de la Cruz (Spanyol), Astana +1:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Getty Images, LaPresse


COMMENTS