Giro d'Italia 2024, Etape 11: Gandakan Kemenangan, Milan Kian Perkasa di Klasemen Poin

Pembalap Lidl-Trek Jonathan Milan menggandakan kemenangan di ajang Giro d'Italia 2024 usai memenangi etape 11 pada Rabu, 15 Mei 2024. Cyclist tuan rumah ini mengungguli pembalap Alpecin-Deceuninck Kaden Groves dalam sprint ketat di Francavilla al Mare. Sebelumnya Milan meraih kemenangan pada etape 4 pada pekan lalu.

Peloton besar berjumlah 89 pembalap mengakhiri balapan dengan waktu yang sama. Puncak persaingan terjadi saat 8 hingga 9 pembalap adu sprint 100 meter sebelum finis. 

Pembalap Soudal Quick-Step Tim Merlier tampak akan mengakhiri balapan dengan sempurna setelah mendapatkan dukungan dari rekan setimya, Bert Van Lerberghe. Ia berhasil menerobos baris terdepan dan sempat memimpin balapan. Akan tetapi, keunggulan Merlier berjalan singkat. Milan mendapatkan momentum dan sukses merangsek ke depan. Ia pun berhasil melewati Merlier dan menjadi pemenang balapan. 

Tim Merlier sedang menanti keputusan otoritas balapan perihal sanksi yang akan diberikan.

Merlier awalnya menempati posisi runner up di akhir balapan. Namun, cyclist asal Belgia harus menerima pil pahit. Otoritas balapan menilai Merlier melakukan manuver yang membahayakan ketika adu sprint jelang finis. Ia menutup pergerakan Sebastian Molano (Tim Emirates UEA) dengan sangat agresif sehingga berbuah sanksi. Ia dihukum penurunan peringkat dari posisi ke-2 menjadi ke-89.

Groves dan Giovanni Lonardi (Team Polti Kometa) yang sebelumnya mengisi peringkat di bawah Merlier seakan mendapatkan 'durian runtuh'. Groves diputuskan naik peringkat ke posisi 2 dan Lonardi mengisi podium terakhir balapan. 

Baca Juga: Giro d'Italia 2024, Etape 10: Pogi Main Aman, Paret-Peintre Finis Solo di Puncak Bocca della Selva

"Saya menemukan diri saya berada di belakang rodanya (Merlier). Saya pikir itu momen yang tepat. Ketika ia mencoba sprint, tapi saya mencoba fokus pada diri sendiri dan berjalan sangat baik," kata Milan. 

Hasil itu membuat Milan semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin maglia ciclamino, julukan sebagai pencetak poin terbanyak di ajang Giro d'Italia. Pembalap 23 tahun meraup 229 poin hingga etape ke-11. Mengungguli Groves dengan perbedaan telak, 63 poin. 

Baca Juga: SRAM Red AXS 2024: Rem Game Changer, Dapat Bike Computer, Tak Perlu Upgrade Pulley

"Ini bukan soal 20 detik sprint yang membuat kamu meraih kemenangan. Rekan setim mendukung saya dan itu yang membuat saya senang," imbuhnya.

Di sisi lain, pembalap UAE Team Emirayes Tadej Pogacar masih belum tergoyahkan dari posisi pemuncak klasemen general classification (GC) Giro d'Italia 2024. Pogi, sapaan Pogacar, berhasil mempertahankan jarak waktu 2 menit 40 detik dari lawan terdekatnya, Daniel Felipe Martinez. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS