Tadej Pogacar menggandakan keunggulan atas para pesaingnya.Setelah memenangi etape 15 Giro d'Italia Minggu, Pogacar unggul 6 menit 41 detik dari pesaing terdekatnya, Geraint Thomas (Ineos Grenadiers), di general classification (GC). Gap itu melebar hampir dua kali lipat dari sebelumnya 3 menit 41 detik.

Bagaimana Pogacar memenangi balapan, menunjukkan betapa pembalap asal Slovenia itu di level yang berbeda dengan para pesaing. Seperti prediksi awal sebelum balapan, pembalap yang akrab disapa Pogi itu akan mendominasi Giro dan hampir mustahil dikalahkan. 

Pogi finis solo di puncak Livigno yang memiliki ketinggian 5.724 meter di atas permukaan laut dengan rekor 6 jam 11 menit 43 detik. Hanya ada satu pembalap yang finis dengan gap di bawah 1 menit dari Pogacar, yakni Nairo Quintana (Movistar Team). Sisanya jauh tertinggal. 

Momen Pogacar menyalip Quintana dan akhinya solo finis di puncak Livigno. 

Peringkat ketiga dikunci oleh pembalap EF Education-EasyPost Georg Steinhauser dengan perbedaan 2 menit 32 detik dari Pogacar. Sedangkan, rival terdekat Pogacar di papan klasemen GC Thomas Geraint dan Daniel Felipe Martinez tampak "asyik" dengan persaingan mereka sendiri. Keduanya pun finis bersamaan dengan jarak 2 menit 50 detik. 

Balapan etape 15 sangat seru, salah satu queen stage. Rute melalui lima tanjakan, dan tiga tanjakan terakhir kategori 1 berada di 70 km sebelum finis. 

Baca Juga: Giro d'Italia 2024, Etape 14: Ganna Menang ITT, Pogacar Kian Kukuh di Puncak

Pendakian paling ekstrem berada di 25 km terakhir karena melibatkan dua pendakian kategori 1. Dan di lokasi tersebut, Pogacar mulai memperlihatkan kemampuan terbaiknya. 

Hanya Nairo Quintana (Movistar) yang memberikan perlawanan. Tapi ketika jarak menyisakan 1,9 km, Quintana akhirnya sudah kehabisan tenaga. Ia didahului Pogacar dan harus finis setengah menit lebih lambat. 

Kerumunan menyemangati Pogacar yang selangkah lagi memenangi etape 15 Giro d'Italia 2024.

"Hari ini adalah salah satu hari terbaik. Bukan sepanjang hari, tidak pula hari yang terbaik dalam karir saya. Tapi ini sungguh etape yang bagus. Rute yang bagus, pendakian yang bagus dan tim melakukan dengan baik," ujar Pogacar. 

"Etape ini sudah ada dipikiran kami sejak Desember tahun lalu dan saya senang kami dapat mengatasinya. Saya memberikan segalanya pada 15 km terakhir dan saya bisa memenanginya," tambahnya. 

Balapan akan libur satu hari sebelum enam etape terakhir akan mulai diperlombakan mulai Selasa, 21 Mei 2022. Dengan keunggulan hampir 7 menit di klasemen GC membuat maglia rosa akan sepenuhnya menjadi milik peraih brace Tour de France ini pekan depan. Kecuali jika ia mengalami hari sial yang buruk. (Mainsepeda)

Populer

Ramai Latihan ke Gunung Demi Taklukkan Taiwan KOM
Kolom Sehat: His Name is Also Effort
Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Tour of Guangxi 2024: Kecelakaan Massal, Ethan Vernon Rebut Jersey Merah
Kolom Sehat: Earn vs Burn
Kolom Sehat: Don't Rich People Difficult (E-Bike)
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Tips Merakit Gravel Bike dengan Harga Terjangkau
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Journey To TGX 2024 Terbuka untuk Berbagai Jenis Sepeda (No eBike!)