Menunggu Launching: Pinarello Dogma, Trek, Wilier, dan Canyon Baru 2024

Criterium du Dauphine bukan hanya ajang untuk memanasi kaki pembalap menuju Tour de France. Balapan itu juga jadi ajang kemunculan senjata-senjata baru untuk Tour de France. Sedikitnya ada empat pabrikan besar mulai menggunakan frame terbarunya: Pinarello, Trek, Wilier, dan Canyon.

Dan itu berarti, penggemar yang doyan up to date harus siap-siap beli sepeda baru lagi, karena senjatanya sekarang sudah mulai ketinggalan zaman.

Salah satu yang bakal paling dibicarakan mungkin adalah Pinarello Dogma yang dipakai Ineos Grenadiers. Ini adalah produk terbaru pengganti Dogma F. Secara umum, bentuknya masih khas Dogma generasi belakangan. Walau lekuk-liuk frame dan fork tampak makin halus.

Apa pun nama resmi Dogma terbaru ini nanti, sepeda ini akan jadi "satu senjata untuk semua rute" bagi Ineos. Fitur aero paling mencolok ada di bagian head tube. Tampak lebih lebar kalau dilihat dari samping, memanjang ke belakang.

Sepeda terbaru dari Trek yang sudah bocor beberapa bulan lalu. 

Produsen lain yang bakal ditunggu rilisan resminya adalah Trek. Merek terbesar Amerika ini menurunkan senjata baru yang fotonya sebenarnya sudah bocor sejak beberapa bulan lalu.

Mirip dengan sepeda aero Madone terakhir, memiliki "lubang" di bawah seatpost yang dinamai "IsoFlow". Tapi secara umum tampak lebih "kurus". Ada yang bilang ini Madone baru yang allrounder, ada yang bilang ini Emonda baru yang lebih aero. Ada pula yang bilang kalau Madone dan Emonda akan diganti oleh satu model baru ini.

Trek sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi jumlah produk dalam beberapa tahun ke depan. Jadi, jangan heran kalau mereka akan kembali memiliki "satu sepeda untuk semua", tidak lagi memisahkan mana yang aero dan mana yang climbing.

Produsen sepeda Wilier dan Canyon juga akan segera merilis 'senjata terbaru' mereka sebelum Tour de France berlangsung akhir bulan ini. 

Sementara itu, Wilier tampak akan memiliki sepeda "kurus" climbing baru untuk tim Groupama FDJ. Sedangkan Canyon punya sepeda Aeroad (aero) baru. Semua ini kemungkinan besar akan resmi diluncurkan dalam sebulan ke depan, sebelum Tour de France berlangsung. (mainsepeda)

 


COMMENTS