Criterium du Dauphine 2024, Etape 1: Mads Pedersen Curi Kemenangan di Etape Pembuka

Pembalap Lidl-Trek Mads Pedersen memenangi etape pembuka Criterium du Dauphine 2024 pada Minggu, 2 Juni 2024. Cyclist asal Denmark itu unggul dalam adu sprint ketat sebelum garis finis. 

Pedersen melakukan manuver pada belokan terakhir yang gagal diantisipasi lawan-lawannya. Pembalap Decathlon AG2R La Mondiale Sam Bennett mencoba menandingi juara dunia road race 2019 tersebut. Namun, usahanya sia-sia. Bennett harus puas finis sebagai runner up. Sedangkan, podium terakhir diisi pembalap tuan rumah Hugo Page.

Juara Gent-Wevelgem 2024 ini harus berterima kasih kepada rekan-rekannya. Ia mendapatkan keuntungan dari hasil kerja keras Alex Kirsch yang menjaga kecepatan hingga kilometer terakhir. Pembalap Lidl-Trek lainnya seperti Carlos Verona, Ryan Gibbons dan Toms Skujins juga memberikan kontribusi penting kepada Pedersen untuk memberi ruang yang sempurna sebelum memenangi balapan. 

Baca Juga: Unbound Gravel 2024: Lachlan Morton Juara, Rekor 9 Jam 11 Menit!

"Semua pembalap di tim melakukan pekerjaannya dengan sangat luar biasa hari ini. Sangat sempurna sehingga memberikan ruang yang sempurna pula," kata Pedersen sesuai balapan berlangsung. 

Pedersen akan menggenakan jersey Maillot Jaune atau kaos kuning ketika bertarung di etape kedua. Namun, ia diragukan dapat mempertahankannya. Etape 2 akan diakhiri dengan finis puncak Col de la Loge yang berada di ketinggian 1,251 meter di atas permukaan laut.

"Saya pikir ini akan sulit. Sekarang saya pikir siapa pun tidak akan membiarkan saya bergerak," imbuhnya. 

Kemenangan etape di Criterium du Dauphine ini merupakan yang pertama bagi Pedersen. Ia baru dua kali ikut serta, tapi debutnya di Dauphine pada 2021 berakhir buruk. Saat itu ia harus DNF (Did Not Finish) pada etape 3. 

Primoz Roglic memimpin timnya Bora-hansgrohe saat comeback pasca cedera. 

Sorotan utama gelaran Criterium du Dauphine tahun ini sejatinya bukan untuk Pedersen, melainkan untuk Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) dan Primoz Roglic (Bora-Hansgrohe). Dua pembalap kelas satu ini comeback setelah rehat panjang akibat cedera. Kecelakaan horor saat mengikuti balapan Tour Basque Country 2024 membuat keduanya menepi lama.

Evenepoel mengalami cedera serius setelah beberapa ruas tulang rusuk dan selangkanya patah. Sedangkan, Roglic bernasib lebih mujur. Ia dilaporkan tidak mengalami masalah serius. Meskipun demikian, 4 kali juara Grand Tour ini memilih tak ambil risiko dan baru kembali berkompetisi setelah dua bulan absen. 

Situasi Evenepoel pasca melakoni balapan comebacknya setelah absen selama dua bulan. 

Keikutsertaan keduanya di Criterium du Dauphine bak angin segar. Baik Evenepoel maupun Roglic digadang-gadang bakal menjadi lawan sepadan bagi Tadej Pogacar di Tour de France akhir Juni mendatang. 

Akan tetapi, momen comeback keduanya berakhir kurang impresif. Roglic tercatat menyelesaikan balapan di Saint-Pourcain-sur-Sioule di peringkat ke-72. Sedangkan, Evenepoel duduk pada baris ke-98. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS