Criterium du Dauphine 2024, Etape 3: Gee Akhirnya Raih Kemenangan Perdana di Ajang World Tour

Empat tahun berkarir di balapan profesional, pembalap Israel-Premier Tech Derek Gee akhirnya merebut kemenangan perdana di ajang World Tour UCI, Selasa 4 Juni 2024. Cyclist 26 tahun tampil impresif pada balapan etape ketiga gelaran Criterium du Dauphine 2024 dan finis sebagai yang pertama. 

Gee bertahan di peloton terdepan sebelum menyerang saat balapan menyisakan 500 meter. Ia mencoba menyisir dari kiri dan menjauh dari lawan-lawanya. Namun, lajunya dibuntuti oleh pembalap Groupama-FDJ Romain Gregoire. Sempat tersusul Gregoire, Gee kembali merebut posisinya di belokan terakhir di puncak Les Estables. Pada akhirnya, Gee menjadi pemenangnya. 

Gee dan Gregoire menyelesaikan balapan tiga detik lebih cepat dari pembalap potensial dari Britania Raya, Lukas Nerurkar. Pembalap 20 tahun ini memimpin peloton terdepan yang terdiri dari 49 pembalap lain. Termasuk di dalamnya terdapat para pembalap unggulan seperti Primoz Roglic dan Remco Evenepoel. 

Gee mengungguli pembalap Groupama-FDJ Romain Gregoire pada sprint jelang finis.  

"Ini sangat spesial dan sulit dipercaya dapat menang disini. Saya telah menunggu untuk kemenangan di Eropa. Saya seringkali meraih posisi kedua dan akhirnya saya melampauinya," ujar pembalap asal Kanada ini. 

Empat kali Gee finis sebagai runner up di balapan Giro d'Italia 2023. Tak heran jika rasa penasarannya untuk meraih kemenangan membuncah hingga saat ini.

"Anda akan selalu merasakan sindrom yang menipu diri sendiri, terutama setelah Giro tahun lalu. Tapi saya senang akhirnya menang kali ini," imbuhnya. 

Baca Juga: Juara Bromo KOM X, Dandi Daftar Bundling Dholo KOM dan Ijen KOM untuk Amankan Puncak Klasemen

Gee merebut kaos kuning pimpinan general classification (GC) dari tangan Magnus Cort Nielsen usai balapan di etape 3. Namun, ia tak dapat berpuas diri. Gee hanya unggul 3 detik dari Nielsen dan 4 detik dari Gregoire. Posisinya dapat hilang kapan saja. 

Kondisi balapan etape 3 Criterium du Dauphine yang sempat diselimuti awan mendung. 

Balapan etape 4 akan diisi dengan kategori Individual Time Trial (ITT). Dan Gee cukup kepayahan di kelas tersebut. Pencapaian terbaik Gee adalah menjuarai ITT pada kejuaraan nasional di Kanada. Sedangkan di level internasional, Ia meraih peringkat 17 pada Kejuaraan Dunia ITT di Inggris tahun lalu. 

Pembalap muda UAE Team Emirates Juan Ayuso menjadi unggulan pertama memenangi etape 4. Selain itu, pemenangan potensial lain pantas disematkan kepada Evenepoel. Tapi kondisinya yang belum fit akan menjadi pengganjalnya. Seperti diketahui, pembalap Belgia ini harus menepi selama dua bulan karena cedera patah tulang di rusuk dan selangkanya. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS