Criterium du Dauphine 2024, Etape 4: Kuasai ITT, Remco Evenepoel Menjawab Keraguan

Tak sedikit keraguan yang menerpa Remco Evenepoel ketika beraksi di gelaran Criterium du Dauphine 2024. Pembalap Soudal Quick-Step itu mengalami kecelakaan fatal dua bulan lalu dan kini ia sudah kembali berkompetisi. Tak aneh jika banyak yang mempertanyakan kebugarannya. Apalagi cederanya sangat parah. Beberapa ruas tulang rusuknya patah, begitu juga di tulang selangkanya. 

Akan tetapi, cyclist asal Belgia akhirnya menjawab seluruh keraguan tersebut. Sebagai buktinya, Evenepoel memenangi etape 4 Criterium du Dauphine pada Rabu, 5 Juni 2024. 

Balapan kategori Individual Time Trial (ITT) memang menjadi salah satu spesialisi dari Evenepoel. Sepanjang karir profesionalnya, Evenepoel tercatat sudah 14 kali memenangi etape ITT. 

Tak hanya memenangi etape 4, Evenepoel juga berhak atas jersey kuning karena memimpin klasemen GC. 

Yang paling diingat ialah gelar juara dunia ITT 2023. Di tahun yang sama pula, Ia juga meraih dua kemenangan etape ITT di gelaran Giro d'Italia. Hasil tersebut bahkan sempat membuatnya memimpin sementara klasemen GC. Namun, Evenepoel akhirnya harus mundur dari turnamen karena terjangkit virus Covid-19. Tepatnya di etape 10.  

"Kondisi saya lebih baik dari dugaan. Saya tidak berlatih sangat lama, jadi saya terkejut dengan pencapaian ini," kata Evenepoel.

Criterium du Dauphine 2024, Etape 3: Gee Akhirnya Raih Kemenangan Perdana di Ajang World Tour

Evenepoel pantas terkejut dengan pencapaiannya kali ini. Selain baru saja comeback dari cedera, ia bahkan mengalahkan pembalap Ineos Grenadiers Joshua Tarling yang merupakan juara bertahan Kejuaraan Kontinental Eropa ITT. Hasil ini sekaligus menjadi warning untuk para pesaing di ajang Tor de France yang akan dimulai akhir bulan ini.

Pembalap 24 tahun ini menyelesaikan trek jalan datar sejauh 34,4 km dengan catatan waktu 41 menit 49 detik. Ia unggul 17 detik dari Tarling. Pembalap unggulan lainnya, Primoz Roglic (Bora-hansgrohe) menempati posisi ketiga usai finis 39 detik lebih lambat dari Evenepoel. 

Pembalap 20 tahun Joshua Tarling tampil impresif, tapi catatan waktunya tidak cukup untuk mengalahkan Evenepoel. 

"Tarling melaju dengan kencang. Jarak antara kami sangat tipis. Tapi di kilometer terakhir memberi keuntungan bagi saya. Itu menjadi faktor penting bagi saya untuk bisa menang hari ini," imbuh Evenepoel. 

Usai etape 4 berakhir, klasemen sementara GC Criterium du Dauphine kembali berubah. Kaos kuning yang sebelumnya dikenakan oleh pembalap Kanada Derek Gee, kini berpindah tangan ke Evenepoel. Ia memimpin klasemen umum dengan jarak 33 detik dari Roglic. Peringkat ketiga ditempati Matteo Jorgensen yang terpaut 1 menit 4 detik. Sedangkan, Gee tergusur ke posisi keempat. 

Etape selanjutnya akan kembali ke medan pegunungan. Tanjakan paling curam merupakan kategori 2 di Cote de Duerne dengan jarak 5 km dan elevasi rata-rata 7 persen. Tanjakan ini berada di kilometer ke-70. Rute etape 5 dari Amprepuis menuju Saint-Priest berjarak 166 km. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS