Vingegaard dan Van Aert Turun, Visma-Lease a Bike Full Team di Tour de France dengan Jersey Baru

Visma-Lease a Bike memastikan bakal menurunkan skuad terbaiknya pada balapan UCI grand tour paling kondang Tour de France yang berlangsung pada 29 Juni-21 Juli 2024. Kepastian ini didapat seusai tim balap sepeda asal Belanda ini mengumumkan akan membawa Jonas Vingegaard dan Wout van Aert ke Prancis. 

Pengumuman ini disampaikan Visma-Lease a Bike ke publik berbarengan dengan peluncuran jersey terbaru mereka pada Kamis, 20 Juni 2024. Kabar ini sekaligus menepis spekulasi terkait kesiapan Vingegaard dan Van Aert yang sebelumnya dirundung cedera serius. 

Vingegaard berambisi untuk mencetak hattrick gelar Tour de France secara beruntun setelah menjuarainya pada 2022 dan 2023 lalu. Namun, keraguan banyak pihak masih saja menghantui pembalap asal Denmark ini. Pasca insiden horor di Tour Basque Country 2024, Vingegaard belum sekalipun turun di ajang kompetitif. Ia sejauh ini hanya dilaporkan melakukan pemusatan latihan di Tignes. 

Vingegaard memamerkan seragam terbaru Visma-Lease a Bike yang didominasi warna biru. 

"Saya sangat bersemangat untuk memulai Tour (de France)," kata Vingegaard. 

"Beberapa bulan terakhir tidak mudah, tapi saya berterima kasih dengan keluarga dan tim karena dukungannya. Saya merasa baik dan sangat termotivasi," imbuhnya. 

Cedera Vingegaard amat serius. Selain mengalami patah tulang di selangka dan beberapa rusuknya, paru-paru cyclist 27 tahun ini juga mengalami luka. Vingegaard mengalami kontusio paru atau memar akibat benturan pada paru-paru yang menyebabkan pendarahan dan pembengkakkan. 

Direktur Olahraga Visma-Lease a Bike Merijn Zeeman secara tersirat tidak memberikan target tinggi bagi anak asuhnya tersebut. Vingegaard hanya dituntut untuk kompetitif daripada harus berjuang untuk bersaing dalam perebutan yellow jersey.

Baca Juga: Kediri Dholo KOM 2024: Cek Rute Masuk Bandara Dhoho yang Mewah

"Saya sangat bangga dengan Jonas. Dia kembali dengan cedera serius. Dia menunjukkan bahwa dia adalah sang juara," jelas Zeeman.

"Tapi saya tidak tahu sejauh mana dia dapat pergi. Persiapannya sangat tidak ideal. Setidaknya dia di sana, sehat dan termotivasi," imbuh pria 45 tahun ini. 

Tahta Vingegaard sebagai juara bertahan Tour de France bakal diganggu oleh rival utamanya, Tadej Pogacar. Pembalap UAE Team Emirates ini menetapkan target dobel Giro-Tour musim ini. Sebelumnya, Pogacar menjuarai gelaran grand tour lainnya Giro d'Italia 2024 pada Mei lalu. Dan jika Vingegaard tak mampu bersaing, Pogacar akan mewujudkan harapannya tersebut. 

Andai performa Vingegaard belum sesuai harapan, Visma-Lease a Bike bakal bergantung pada Wout van Aert. Pembalap Belgia telah memenangi sembilan etape di Tour de France dan merebut posisi teratas klasemen poin pada tahun 2022. Rekor yang bisa disejajarkan dengan Primoz Roglic (Bora-hansgrohe) dan Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) sebagai kompetitor Pogacar selain Vingegaard. 

Komposisi pembalap Visma-Lease a Bike yang akan diturunkan pada gelaran Tour de France 2024. 

Selain nama Vingegaard dan Van Aert, Visma-Lease a Bike telah merilih cyclist terbaiknya untuk turun di Tour de France. Sebut saja juara grand tour La Vuelta a Espana 2023 Sepp Kuss dan jawara Paris-Nice dan Dwars door Vlaanderen musim ini, Matteo Jorgenson. Sisanya terdapat nama Tiesj Benoot, Jan Tratnik, Wilco Kelderman, dan cyclist senior Christophe Laporte. 

Visma-Lease a Bike memiliki seragam baru dengan warna spesial biru yang diilhami pada momen bersejarah, Renaissance. Warna baru ini juga dimaksudkan untuk menghindari kesamaan warna dengan seragam pimpinan klasemen general classification (GC) Tour de France yang berwarna kuning. (Mainsepeda)

 


COMMENTS