Schwalbe Clik: Inikah Standar Katup Ban Masa Depan?

Salah satu pameran industri sepeda terbesar, Eurobike, sekarang sedang berlangsung di Jerman. Seperti biasa, setiap pameran selalu menyuguhkan sesuatu yang baru, yang jadi percakapan dunia.

Selain kolaborasi grupset 1x16 TRP dan Classified, yang jadi buah bibir di Eurobike 2024 adalah sistem katup (valve) baru dari produsen ban Jerman, Schwalbe. Dinamai "Clik", sistem ini bahkan digadang-gadang bakal jadi standar dunia. Menggantikan sistem Presta dan Schrader yang selama ini kita gunakan.

Sistem Clik ini adalah ciptaan John Quintana, yang terinspirasi membuatnya gara-gara melihat anak-anaknya sering kesulitan memompa ban sepeda. Dengan sistem Clik, orang jadi jauh lebih mudah menancapkan selang pompa, lalu memompa, lalu melepasnya. Dia mengklaim cukup dengan dua jari! Dengan sistem Clik, Schwalbe juga menyebut flow (aliran) angin bisa masuk 50 persen lebih kencang. Makin berguna khususnya untuk ban tubeless.

"Saya kira banyak orang akan sepakat kalau sistem katup yang ada sekarang, Presta atau Schrader, masing-masing punya masalah mendasar", kata Tim Ward dari Schwalbe, saat launching.

Kalau Presta (yang umum kita pakai di road bike), baut pada katup bisa merepotkan, ujung katup bisa bengkok. Kalau Schrader menuntut lubang rim lebih besar.

Sistem Clik mengkombinasikan keunggulan keduanya. Dimensi luarnya setara Presta. Tapi, ketika menancapkan kepala selang pompa, katupnya cepat membuka ala Schrader. Cara "menggembosi" juga mudah, cukup dengan menekan katup kecilnya.

Keuntungan lain: Clik tidak butuh tutup katup. Kalaupun mau, ada tutupnya tapi tidak perlu diputar untuk memasangkannya. Cukup ditekan sehingga mengurangi risiko lengket.

Sistem Clik ini akan tersedia dalam bentuk katup tubeless dan ban dalam Schwalbe mulai tahun depan. Schwalbe juga menyediakan conversion kit, sehingga Anda bisa mengganti katup ban dalam mana pun menjadi Clik. Cukup dengan melepas ujung katup lama dan menggantinya dengan Clik. Kit itu juga termasuk kepala pompa, atau adaptor pompa, yang bisa dipasangkan pada kebanyakan pompa standar.

Schwalbe yakin sistem ini akan jadi standar dunia. Mereka memiliki hak eksklusif menjualnya di Eropa hingga 2030. Setelah itu semua bisa mengadopsi dengan bebas. Tapi di bagian lain dunia sistem Clik ini sudah dibiarkan menjadi standar bebas. Jadi kita mungkin tidak perlu menunggu terlalu lama! (mainsepeda)


COMMENTS