Etape tujuh Tour de France 2024 yang melombakan individual time trial (ITT) menjadi ajang "race of truth" bagi para pembalap. Sebab, balapan ini akan menunjukkan kemampuan mereka sebenarnya. Tanpa bantuan rekan setim, tanpa team order, cyclist sendirian bertarung melawan waktu.

Dan Remco Evenepoel menunjukkan bahwa dia adalah sosok pembalap itu. Cyclist Belgia itu memenangi etape ITT pertama Le Tour sepanjang 25,3 km yang start di Nuits-Saint-Georges dan finis di Gevrey-Chambertin. Dia bahkan mengalahkan pembalap unggulan Tadej Pogacar yang hanya mampu berada di posisi kedua dengan selisih 12 detik. Di posisi ketiga, Primoz Roglic merangsek diikuti Jonas Vingegaard di posisi keempat.

Hasil tersebut benar-benar mengejutkan. Bahkan bagi Evenepoel sendiri. Maklum, ini adalah kemenangan etape pertama pembalap 24 tahun itu di Tour de France.

Selain itu, kemenangan ini juga membuat namanya kian diperhitungkan dalam perburuan gelar juara. Evenepoel konsisten berada di tiga besar general classification (GC) sejak etape tiga. Bahkan di etape empat yang mountain stage, dia mampu finis beberapa detik di belakang unggulan utama Tadej Pogacar. Penampilannya lebih baik dibanding nama besar climber seperti Jonas Vingegaard dan Primoz Roglic yang lebih diunggulkan. 

Performa mengejutkan di etape empat itu berlanjut di etape tujuh, Jumat, 5 Juli. Evenepoel menunjukkan bahwa dia bisa mengancam para pemburu gelar. Selisih waktu dengan Pogacar di puncak klasemen semakin berkurang hingga hanya 33 detik.

Sebaliknya, Vingegaard justru tambah jauh. Jika sebelumnya dia berada di peringkat ketiga kini pembalap Visma-Lease a Bike itu jatuh ke posisi empat setelah Roglic mencatatkan hasil yang lebih baik di etape tujuh.

Evenepoel mengaku mengikuti Tour de France untuk kali pertama bukan hal mudah. “Seminggu setelah balapan berjalan, saya baru merasa agak rileks. Ini sesuatu yang istimewa,” katanya.

Pembalap Soudal Quick-Step itu tidak menduga bisa berada di peringkat atas. “Saya sangat terhormat bisa berada di antara mereka,” katanya.

Results powered by FirstCycling.com

Populer

Kolom Sehat: Pendaftaran TGX 2024 Dibuka
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Pogi Pamer Jersey Pelangi di Italia
Kolom Sehat: E-Bike dan Sepeda Listrik
Lachlan Morton Pecahkan Rekor Gila!
Kediri Dholo KOM 2024: Kisah di Balik Simpang Lima Gumul
Cyclist Muda Muriel Furrer Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Fatal
Pakai RD Berkopling supaya Rantai Tidak Lompat-Lompat
Tour de France, Para Unggulan Lega Menuju Pegunungan
Bersepeda Membuat Boyke Bahagia