Event balap sepeda ultra-cycling Race Around Java 2024 resmi dimulai pada Sabtu, 6 Juli 2024. Tepat pukul 06.00 WIB, para petualang RAJ mulai meninggalkan halaman Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) di Jakarta untuk mengelilingi Pulau Jawa. 

"Terima kasih untuk semua pesepeda yang berani mencoba untuk menaklukan tantangan yang berat ini. Besar harapan kami peserta diberikan kesehatan, kekuatan, keselamatan, hingga bisa finis dengan target mereka dan tentu kembali lagi titik finis yang sesungguhnya adalah rumah," kata Founder RAJ Muhammad Dzaki Wardana.  

Rute RAJ dimulai dari Jakarta dan memulai petualanngnya menyisir pantai barat Jawa hingga mencapai kawasan Pantai Tanjung Lesung. Setelahnya para peserta akan mengarah ke timur dengan menyisir pantai selatan Jawa menuju titik paling timur di Banyuwangi. Kemudian rute akan kembali ke arah Barat dengan melintasi jalur lintas tengah Jawa. Melewati Malang dan menuju ke Solo, Tasikmalaya, Bandung dan akhirnya finis di Jakarta. 

Balapan ini bersifat unsupported atau mandiri. Namun, panitia menyiapkan tiga lokasi checkpoint yang mana peserta dapat beristirahat dan memenuhi logistik sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Tiga lokasi checkpoint tersebut berada di Pangandaran, Malang, dan terakhir Solo. 

Gelaran ini bakal menempuh jarak 3.000 km dengan elevasi total mencapai 30.000 meter. Cut off time (COT) yang ditetapkan penyelenggara ialah 14 hari 15 jam atau akan berakhir pada 20 Juli 2024 mendatang. Tanpa ada batas waktu lagi di setiap checkpoint yang sudah ditentukan.

Total terdapat 45 cyclist ultra di empat kategori berbeda yang ikut berpartisipasi dalam gelaran RAJ kali ini. Beberapa nama tenar diantaranya ialah cyclist serta konten kreator Efin Fanani dan jebolan Paris-Brest-Paris 2023, Susilo Baskoro. 

Selain itu, ada nama cyclist asal Malaysia Mohd Puzi Bin Dolah yang cukup dikenal di dunia olahraga ketahanan tubuh. Puzi merupakan jebolan Swiss Peak Trail Ultra-marathon 2018 sejauh 360 Km dan rekor terjauhnya di olahraga ultra-cycling adalah 2.475 Km. 

"Para peserta adalah para penggemar olahraga ultra-endurance yang sudah teruji mengikuti lomba sejenis," imbuh pria yang juga merupakan atlet ultra-cycling. 

Hingga pukul 11.00 WIB, terpantau cyclist Muhammad Irwan dari kategori Team Relay sudah mencapai kilometer ke-473 menuju Cianjur. Dibelakangnya, terdapat Citra Dewi Saraswati di kategori Lone Wolf yang sudah menempuh jarak sejauh 422 Km.   

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava. (Mainsepeda)

Populer

Kolom Sehat: Pendaftaran TGX 2024 Dibuka
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Pogi Pamer Jersey Pelangi di Italia
Kolom Sehat: E-Bike dan Sepeda Listrik
Lachlan Morton Pecahkan Rekor Gila!
Kediri Dholo KOM 2024: Kisah di Balik Simpang Lima Gumul
Cyclist Muda Muriel Furrer Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Fatal
Pakai RD Berkopling supaya Rantai Tidak Lompat-Lompat
Tour de France, Para Unggulan Lega Menuju Pegunungan
Bersepeda Membuat Boyke Bahagia