Tour de France 2024, Etape 9: Anthony Turgis Ciptakan Kejutan di Etape Gravel 

Kejutan demi kejutan terus terjadi di gelaran Tour de France 2024. Banyak prediksi menjagokan Mathieu van der Poel bakal menguasai rute gravel di etape 9 pada Minggu, 7 Juli 2024. Tapi kenyataannya, perkiraan tersebut meleset jauh.

Juara Paris-Roubaix 2024 ini bahkan gagal masuk posisi 10 besar. Sedangkan, pemenang balapan akhirnya diraih oleh cyclist Total Energies, Anthony Turgis. 

Pembalap Prancis ini mengklaim kemenangan terbesar dalam karirnya usai finis terdepan di Troyes. Ia mengalahkan Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) dalam adu kecepatan sebelum garis finis. 

Turgis merayakan kemenangan WorldTour pertama dalam 12 tahun karir balap sepedanya.  

"Ini gila. Saya percaya dengan diri saya. Saya memenangi semua level, tapi saya masih belum memenangkan WorldTour. Namun, memenangi Tour de France sungguh luar biasa," kata Turgis.

Turgis menjadi satu dari 12 pembalap yang melakukan breakaway. Namun, hanya tujuh pembalap yang bertahan hingga kilometer terakhir. Alexei Lutsenko (Astana Qazaqstan), Ben Healy (EF Education-EasyPost), dan Derek Gee (Israel-Premier Tech) berupaya melakukan serangan lebih awal. Namun, Turgis membalas serangan tersebut dengan cara yang jitu. Ia menyisir dari tengah untuk melakukan serangan balik yang mematikan.

Baca Juga: Kediri Dholo KOM 2024: Diikuti Peserta dari 25 Provinsi dan 8 Negara, Penasaran dengan Rute KOM

Pidcock yang menyadari laju Turgis mencoba memberikan respon. Namun, usaha pembalap Britania Raya ini sia-sia. Juara Amstel Gold Race 2024 ini kesulitan mengejar Turgis dan terlihat memukul stang sepedanya karena kesal gagal menang. Sedangkan, podium terakhir balapan menjadi milik Gee. 

"Kami punya hari besar. Ketika kami melihat kelompok terdekat, saya pikir kami dapat pergi menjauh. Terdapat banyak juara disekitar kami," imbuhnya. 

Pogacar melewati jalur gravel yang penuh debu. 

Meskipun demikian, klasemen general classification (GC) kembali tak banyak berubah. Tadej Pogacar masih berhak atas jersey kuning di balapan selanjutnya. 

Pembalap Slovenia ini mempertahankan jarak waktu 33 detik dari peringkat kedua, Remco Evenepoel. Peringkat selanjutnya masih diisi oleh sang juara bertahan Jonas Vingegaard. Pembalap Visma-Lease e Bike ini tertingga 1 menit 15 detik dari Pogacar. 

Balapan akan rehat satu hari. Etape 10 dari Orleans menuju Saint-Amand-Montrond sejauh 187,3 km dilanjutkan pada Selasa, 9 Juli 2024. (Mainsepeda) 

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS