Race Around Java 2024 Hari Keempat: Terpukau Pemandangan Indah Pantai Selatan Bumi Pasundan

Rasa letih menyelimuti seluruh cyclist yang mengikuti event ultra-cycling Race Around Java 2024. Namun, pemandangan indah di sepanjang pantai Jawa Barat dan Banten menjadi obat yang cukup manjur. 

Salah satunya yang mengundang decak kagum ialah panorama alam ketika mendaki ke Puncak Habibie yang berada di Sukabumi, Jawa Barat. Jika sudah sampai di puncaknya, wajib berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan pesisir Pantai Sawarna.

"View-nya manteb banget selama perjalanan. Yang paling bagus di Puncak Habibie," kata Eggi Eirin Ismail. 

Eggi adalah cyclist pertama di kategori Lone Wolf meyelesaikan segmen 1 dari Jakarta menuju lokasi Checkpoint (CP) 1 yang berada di  kawasan Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat. Ia merampungkan segmen pembuka ini dengan catatan waktu 60 jam. Lokasi CP 1 sendiri terletak di kilometer ke-787. 

Akan tetapi, Eggi bukan pembalap pertama yang tiba di CP 1. Melainkan, cyclist dari kategori Team Relay 4C Alfred Welhelmus Yusuf. Alfred menggantikan rekan setimnya Muhammad Irwan yang terhenti di kilometer ke-484. Irwan tidak dapat melanjutkan segmen 1 yang menjadi kewajibannya karena ada urusan mendadak. 

Pemandangan yang ditawarkan RAJ 2024 memang menawan, tapi para peserta juga dihadapkan dengan tantangan cuaca yang tak menentu. Hujan intensitas tinggi dan angin kencang menyulitkan. Belum lagi sejumlah tanjakan yang juga harus dihadapi di segmen pertama ini. 

"Penyiksaannya di akhir ini, ada angin juga," jelas Adjie Sambodo, pejuang RAJ 2024 asal Madiun.  

Founder RAJ 2024 Muhammad Dzaki Wardana berharap keselamatan selalu berpihak kepada para cyclist. Tepat pukul 16.00 WIB, terdapat 20 cyclist yang telah melewati Checkpoint (CP) 1.

"Mudah-mudahan di hari ketiga hingga nanti finis nanti diberikan kelancaran. Terima kasih dukungan atas semua pihak," ungkap pria yang juga seorang pembalap ultra ini. 

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava. (Mainsepeda)


COMMENTS