Tour de France 2024, Etape 10: Jasper Philipsen Akhirnya Pecah Telur

Setelah semua drama dan kontroversi di pekan pertama, Jasper Philipsen akhirnya meraih kemenangan perdananya di Tour de France 2024. Philipsen harus menunggu hingga etape 10 untuk berdiri di podium pertama setelah kegagalan demi kegagalan yang menimpanya. 

Melakoni balapan dari Orlens menuju Saint-Amand-Montrond sejauh 187,3 Km, pembalap Alpecin-Deceuninck ini finis terdepan usai mengalahkan pemakai jersey hijau, Biniam Girmay. Sedangkan, peringkat ketiga diisi oleh cyclist Jerman, Paskal Ackermann. Mereka finis dengan catatan waktu 4 jam 20 menit 6 detik bersama 134 pembalap lain. 

Philipsen harus berterima kasih atas bantuan rekan setimnya, Mathieu van der Poel. Juara Paris-Roubaix 2024 membuka ruang bagi Philipsen melancar serangan di 200 meter terakhir sebelum finis. Manuver keduanya tak bisa diantisipasi lawan sehingga Philipsen menang mutlak dari para pesaingnya. Ia menang tanpa perlu adanya pemeriksaan foto finis. 

Philipsen dan Girmay saling memberi dukungan usai finis di posisi 1 dan 2. 

Sebelum memenangi etape 10 pada balapan pada Selasa, 9 Juli 2024, Philipsen tiga kali harus puas finis sebagai runner-up. Bahkan satu diantaranya harus dicabut karena diskualifikasi, tepatnya pada etape keenam. Philipsen dianggap melakukan tindakan berbahaya dengan menutup laju Wout van Aert hingga ke sisi pembatas jalanan. Hal ini dinilai dapat mengancam keselamatan Van Aert. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri

Hasil balapan tersebut membuat Philipsen kecewa berat. Namun, kali ini ia berhasil memperbaiki performa dan meraih kemenangan etape pertamanya di gelaran Tour de France 2024. 

"Minggu lalu bukanlah pekan yang bagus buat kami. Dengan beberapa kesialan tentunya. Tapi saya senang dan ini suatu kebangkitan yang besar karena kami menunjukkan kekuatan kami bersama," kata cyclist asal Belgia ini. 

Pogacar finis bersama ratusan cylist lain sekaligus mempertahankan klasemen GC.

Selain sukses merebut kemenangan, Philipsen juga berhasil mereduksi ketertinggalan dari Girmay di klasemen poin. Diantaranya keduanya dipisahkan 74 poin, Girmay tetep berhak atas jersey hijau di balapan etape selanjutnya. 

Sementara itu, Tadej Pogacar sekali lagi mampu menjaga jarak waktunya di klasemen general classification. Ia finis bersama peleton utama bersama pemenang balapan, Philipsen. Oleh karenanya, jarak 33 detik dari pesaing terdekatnya Remco Evenepoel terus terjaga. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS