Kediri Dholo KOM 2024: Cerita Para Cyclist Mendarat di Bandara Dhoho untuk Kali Pertama

Bandar Udara Internasional Dhoho mulai menjamu para cyclist Kediri Dholo KOM 2024 yang sudah mulai berdatangan ke wilayah Kabupaten Kediri sejak Jumat, 12 Juli 2024. Hingga saat ini, terdapat dua rute yang mendarat di bandara swasta pertama di Indonesia ini. 

Jadwal kedatangan terdekat dengan event Kediri Dholo KOM 2024 adalah penerbangan Citilink dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandara Dhoho (DHX) pada hari Jumat, pukul 06.30 WIB- 07.30 WIB. Jadwal lainnya ialah penerbangan dari Bandara Sepinggan Balikpapan (BPN) ke Bandara Dhoho (DHX) yang berlangsung di hari Sabtu. Jamnya pada pukul 12.45 WIB untuk keberangkatan dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB.

"Keren sih bandaranya. Fasilitasnya juga lengkap, mempermudah juga sih kalau ada event di Kediri," kata cyclist asal Bintaro, Christiana Parendrarti saat ditemui ketika pengambilan race pack Kediri Dholo KOM di Hotel Fave Kediri pada Sabtu, 13 Juli 2024.  

Bandara Dhoho merupakan inisiasi oleh PT Gudang Garam yang berpusat di Kediri. Area total mencapai 321 hektar dengan panjang runaway mencapai 3.300 meter yang dapat mendaratkan pesawat berbadan lebar. Lalu untu luasan terminalnya mencapai 18.000 meter persegi yang dapat menampung 1.5 juta pax per tahun. 

Salah satu yang menjadi pusat perhatian dari bandara Dhoho ialah bentuk atap oculus atau berlubang. Dibawahnya terdapat miniatur candi Penataran yang merupakan simbol kejayaan Kerajaan Majapahit. Cocok untuk berfoto lantas dipamerkan di media sosial. 

"Pemeliharaannya harus diperhatikan karena bandaranya sangat bagus," kata Edhie Natallis Rasmansjah, cyclist asal Jakarta yang memanfaatkan fasilitas transportasi penerbangan langsung ke Kediri ini. 

Lebih lanjut, Edhie berharap konektivitas di Bandara Dhoho semakin baik dengan bertambahnya jadwal-jadwal penerbangan baru. Hal ini tentu dapat membuat harga tiket menjadi lebih bersaing.

"Semoga semakin banyak jadwal penerbangan dari Jakarta ke Kediri dan dari kota-kota lain juga. Bandara ini sangat mendukung event-event di Kediri," imbuhnya.

Kediri Dholo KOM 2024 menjadi seri kedua rangkaian East Java Trilogy. Sebelumnya seri pertama Antangin Bromo KOM X telah digelar 18 Mei 2024. Sedangkan, seri penutup Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2024 akan diadakan 21 September 2024 mendatang.(Mainsepeda)

 


COMMENTS