Tak hanya kemenangan, bonus sesungguhnya yang diraih oleh Pogacar ialah keberhasilannya menjauh dari rival-rivalnya di klasemen general classification. Pogacar menyelesaikan balapan Pau menuju St-Lary-Soulan sejauh 151,9 km dengan catatan waktu 4 jam 1 menit 15 detik. Ia unggul 39 detik dari Jonas Vingegaard dan Remco Evenepoel berjarak 1 menit 10 detik setelahnya.

Hasil ini membuat Pogacar saat ini memimpin GC dengan hampir dua menit dari Vingegaard. Sementara, Evenepoel harus tergeser ke posisi ketiga karena tertinggal 2 menit 22 detik. 

Keberhasilan Pogacar merupakan hasil taktik kelas dunia dari timnya, UAE Team Emirates. Setelah bertahan sepanjang balapan, Adam Yates mulai beraksi pada 7,2 Km sebelum finis. Ia bertugas sebagai pembuka jalan bagi Pogacar. 

Adam Yates membantu Pogacar untuk memenangi etape ke-14 Tour de France 2024.

Yates kemudian memberikan ruang gerak kepada Pogacar untuk memimpin balapan di 4 Km terakhir. Pogi akhirnya melaju tak terhenti, meski Vingegaard dan Evenepoel berusaha mengejar. 

Pogacar meraih kemenangan etape Tour de France ke-13 di panggung yang sama ketika ia meraih kemenangan perdananya pada tahun 2020 lalu. 

Baca Juga: Kediri Dholo KOM 2024: Komunitas dari Jakarta, Banyuwangi, dan Berau Ramai-Ramai Debut

"Ini sangat sempurna. Terima kasih banyak kepada semua tim hari ini. Mereka sangat luar biasa. Kami mendapatkan momentum dan memenanginya," kata Pogacar.

Pogacar akan berpotensi melebarkan jurang waktu dari para pesaingnya di etape ke-15. Lintasan dari Loundenvielle ke Plateu de Beille akan menjadi segmen terberat di Tour de France 2024. Dengan start dan finis balapan berada di jalur pendakian pegunungan. Bahkan lokasi finis akan berada di puncak Plateu de Beille yang merupakan tanjakan Hors Category. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

Populer

Ramai Latihan ke Gunung Demi Taklukkan Taiwan KOM
Kolom Sehat: His Name is Also Effort
Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Tour of Guangxi 2024: Kecelakaan Massal, Ethan Vernon Rebut Jersey Merah
Kolom Sehat: Earn vs Burn
Kolom Sehat: Don't Rich People Difficult (E-Bike)
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Tips Merakit Gravel Bike dengan Harga Terjangkau
Cerita Janu Joni Nge-Drop di Bentang Jawa 2024