Di Tengah Kesibukan RAJ, Dzaki Finish Ke-4 di Kediri Dholo KOM 2024

Atlet ultra cycling Indonesia Muhammad Dzaki Wardana mulai melebarkan sayapnya dengan mengorganisir event balap sepeda jarak jauh, Race Around Java. Event ini merupakan balap sepeda mengelilingi pulau Jawa dengan jarak 3.000 Km. Batas waktu balapannya ialah 14 hari atau berakhir pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Tapi ditengah kesibukannya, Dzaki menyempatkan diri untuk ambil bagian di gelaran Kediri Dholo KOM 2024. Ia bahkan hampir naik podium di kelas Men Age 35-39 setelah finis di posisi keempat.

Cyclist asli Jakarta mengaku gelaran Kediri Dholo KOM 2024 sebagai salah satu agenda latihan yang masuk dalam lisnya. Meski sibuk, Dzaki tak ingin meninggalkan porsi latihannya.

Dzaki sedang sibuk mengorganisir event ultra cycling ciptaannya, Race Around Java. 

"Jadi memang dari awal sudah daftar trilogy-nya Mainsepeda, kebetulan pas penyelnggaraan RAJ berbarengan di tengah event jadi saya sempatkan diri untuk datang sekaligus latihan," jelas Dzaki.

Nama Dzaki mulai dikenal publik setelah mengikuti ajang ultra cycling Trans Am Bike Race 2023. Ajang ini melewati rute dengan bersepeda sepanjang 6.720 kilometer yang membelah Amerika Serikat dari ujung barat (Astoria, Oregon) sampai ke ujung timur (Yorktown, Virginia). Tantangan seluruhnya dituntaskan Dzaki dalam waktu tak kurang dari 20 hari, 18 jam, dan 15 menit. Ia pun meraih posisi lima kala itu.

Baca Juga: Juara Men Elite Kediri Dholo KOM 2024, Soleh Puncaki Klasemen dan Pecahkan Rekor Waktu Tercepat

Perihal penyelenggaran Kediri Dholo KOM, Dzaki memberikan apresiasi yang tinggi dari pihak penyelenggara. Namun, ia begitu terkejut dengan Kelok 9 dan Tanjakan Gigi 1. Ternyata begitu menyakitkan. Bahkan untuk cyclist sekelas Dzaki, ikon-ikon tanjakan Kediri Dholo KOM itu terasa berat. 

"Gila sih berat banget. Saya terlalu nge-push diawal ternyata setelah kelok 9 ada yang lebih parah lagi di tanjakan gigi 1. Sampai serong kanan kiri," jelasnya.

Citra saat ini menjadi cyclist kategori lone wolf yang sedang memimpin balapan RAJ 2024. 

RAJ 2024 sendiri telah memasuki hari ke-10. Hingga pukul 14.30WIB, cyclist di kategori Team Relay 4 Ravio Andika berada di lis terdepan. Lantas Citra Dewi Saraswati memimpin balapan kategori lone wolf dan mencapai kilometer ke-2608. Sementara peringkat kedua saat ini diisi oleh Adjie Sambogo. Adjie tertinggal 68 Km di belakang Citra.

Sementara itu, terdapat enam pembalap yang memutuskan DNF (Did Not Finish). Yang terbaru ialah Efin Fanani yang harus meninggalkan balapan karena alasan keluarga . Cyclist yang juga seorang konten kreator ini pun memilih pulang ke Jakarta meski sudah setengah jalan. 

"Per hari ini ada enam cyclist yang DNF. Semoga pembalap sisanya diberiksn kesehatan, kekuatan, keselamatan sehingga bisa menyelesaikan RAJ ini," imbuhnya. 

RAJ mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari cyclist asal Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar. Bu Fey, sapaan Ferry, memberikan dukungan check point bayangan di Kediri sehingga peserta RAJ dapat rehat sejenak disana.

Seperti diketahui, RAJ 2024 merupakan event ultra cycling yang akan menantang pesertanya memutari pulau Jawa sejauh 3.000 km. Elevasi totalnya mencapai angka 10 persen atau 30.000 meter. Sebanyak 45 cyclist mengikuti gelaran ini. 

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava.(Mainsepeda)

 


COMMENTS