Race Around Java 2024: Citra Dewi Juara, Rekor Ultra Indonesia 3.000 Km dalam 10 Hari

Citra Dewi Saraswati keluar mencatatkan sejarah di dunia race ultra cycling. Cyclist perempuan berusia 34 tahun itu menjadi juara Race Around Java 2024. Citra menyelesaikan balapan bersepeda mengelilingi pulau Jawa sejauh 3.000 km dalam waktu 10 hari 15 jam dan 26 menit.

Citra sampai di titik finis di Lapangan Banteng sekitar pukul 10 malam. Di titik finis sudah berkumpul banyak teman-teman Citra.

Sesampai di titik finis, Citra masih tampak segar. Guratan kelelahannya tampak tertutupi dengan kebahagiaan. Ia memeluk satu persatu temannya yang sudah menantinya di finis.

Bahkan Citra langsung meladeni founder RAJ, Muhammad Dzaki Wardana ngobrol sekaligus menyerahkan plakat hadiah.

Citra memang sudah diprediksi menjadi juara kategori lone wolf. Mengalahkan peserta laki-laki, Adjie Sambogo.

Hanya saja yang agak di luar prediksi adalah waktu finis Citra. Dzaki sempat memprediksi Citra bakal finis memasuki hari ke-11 atau Rabu dini hari, 17 Juli 2024. Namun ternyata ia bisa datang lebih cepat. Citra sudah sampai di finis Selasa malam, 16 Juli 2024.

Total Citra melahap rute sejauh 3.000 km dalam waktu 10 hari 15 jam dan 26 menit. Empat hari lebih cepat dari cut off time (COT), Sabtu 20 Juli 2024.

Citra mengaku tak banyak mengalami kendala. Satu-satunya kendala yang sempat mengganggunya adalah dikejar orang gila. Ia sempat dipukul. "Itu cerita lucu sih," katanya.

"Kita panik, tapi bagi dia ternyata cerita lucu," sanggah Dzaki mengomentari Citra. Kejadian itu menurut Citra membuatnya lebih ngebut. "Awalnya malah ingin santai sejenak," kenangnya.

Baca Juga: Race Around Java 2024: Meeting Tetap Jalan Walau Sedang Gowes 3.000 Km 

Sebelum Citra memang sudah ada yang menyelesaikan RAJ lebih dulu. Namun itu kategori Team Relay. Kategori ini dimenangkan oleh Team Borac yang terdiri dari empat cyclist secara bergantian menyelesaikan tantangan bersepeda 3.000 km.

Citra memang selama ini termasuk salah satu bintang di event-event ultra cycling di Indonesia. Ia sendiri memulai bersepeda di jalur MTB pada 2018 silam.

"Awalnya sendirian saja ke tempat-tempat di gunung. Menemukan rute baru dan pemandangan yang bagus," kata cyclist yang berulang tahun tiap 26 Januari itu.

Citra kecemplung di dunia ultra cycling pertama kali ketika sering gowes sejauh 50 kilometer dari rumahnya di daerah Dago ke Pangalengan, kediaman kedua orang tuanya. Ternyata Citra langsung menyukai tantangan itu.

Berikutnya Citra gowes dari Dago ke Pengalengan lalu kembali Dago pada 2019. Total jaraknya 100 kilometer. Menurutnya, itu adalah sensasi gowes terbaik yang dirasakan. Dari sana, Citra kemudian mencoba beberapa event ultra. Event pertamanya adalah Audax 300 km di Bandung pada 2020 lalu.

Setelah itu ia beberapa kali mengikuti event serupa. Citra juga makin jatuh cinta dengan kegiatan ultra cycling.

Seperti diketahui, RAJ 2024 merupakan event ultra cycling yang akan menantang pesertanya memutari pulau Jawa sejauh 3.000 km. Elevasi totalnya mencapai angka 10 persen atau 30.000 meter. Sebanyak 45 cyclist mengikuti gelaran ini. 

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava.(Mainsepeda)


COMMENTS