Race Around Java 2024: Podium Men Lone Wolf Terpenuhi

Kuota podium tiga besar Race Around Java 2024 di kategori Men Lone Wolf telah terpenuhi. Posisi terakhir podium akhirnya menjadi milik Darmanto. Cyclist berusia 59 tahun ini tiba di titik finis yang berlokasi di pelataran Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada 12.15 WIB, Kamis, 18 Juli 2024. 

Darmanto menyelesaikan tantangan 3.000 Km dengan catatan waktu 12 hari 6 jam 15 menit. Ia kalah bersaing dengan Adjie Sambogo yang menjadi finisher pertama di kelas yang sama. Adjie finis dalam waktu 11 hari 8 jam 36 menit. Sedangkan, posisi runner up diamankan oleh Abid Hanief Azhar. Ia menuntaskan balapan enam jam kemudian usai Adjie finis. 

Darmanto mengaku ia lambat panas karena terlalu menikmati suasana bersepeda. Apalagi pemandangan pantai selatan Jawa tak bisa dilewatkan begitu saja. 

Potret Darmanto ketika mengayuh sepedanya demi menyelesaikan perjalanan RAJ 2024.

"Hari pertama, kedua, dan ketiga itu masih belum mode balapan. Masih santai. Akhirnya baru sadar ini balapan ya sesudahnya," kata Darmanto. 

Pencapaian Darmanto tentu luar biasa. Usia hampir kepala enam, tapi sanggup gowes sejauh 3.000 Km. Lebih hebatnya lagi, ia bisa menyelesaikan dalam waktu 12 hari. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan cyclist lain yang usianya lebih muda. 

Baca Juga: Tour de Banyuwangi Ijen 2024: Tim Mancanegara Mulai Berdatangan ke Bumi Blambangan 

"Yang penting perut harus terisi, diisi apa aja apalagi yang enak-enak. Ibadah lima waktu tetep jalan, walaupun badan basah kuyup atau apapaun," kata Darmanto.

Abid keluar sebagai runner up di nomor Men Lone Wolf RAJ 2024. 

Sementara itu, Abid Hanief Azhar malah mengaku sedih usai sanggup menyelesaikan RAJ 2024. Bukannya tak bersyukur, tapi pria yang sering disapa Cak Hans ini baru merasakan atmosfer persaingan tiga hari sebelumnya.

"Happy sih bisa sampai sini, tapi sedih juga karena sudah selesai. Saya baru merasakan balapan karena dikejar Mbah Darmo. Tidak mau kalah sama beliau," kata Abid. 

Selain di nomor men Lone Wolf, Citra Dewi Saraswati keluar sebagai juara nomor women Lone Wolf. Bahkan cyclist perempuan 34 tahun itu memecahkan rekor dengan hanya membutuhkan waktu 10 hari 15 jam 26 menit untuk menyelesaikan balapan RAJ 2024. Sebuah rekor ultra cycling di Indonesia.

RAJ 2024 merupakan event ultra cycling yang akan menantang pesertanya memutari pulau Jawa sejauh 3.000 km. Elevasi totalnya mencapai angka 10 persen atau 30.000 meter. Sebanyak 45 cyclist mengikuti gelaran ini. 

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava.(Mainsepeda)


COMMENTS