Race Around Java 2024: Cyclist Malaysia Ditawari Pemotor Dorong Sepeda di Tanjakan

Dua cyclist berkewarganegaraan asing telah menyelesaikan tantangan Race Around Java (RAJ) 2024. WNA asal India Ankit Kumar terlebih dahulu tiba di pelataran Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada Kamis malam, 18 Juli 2024. Kumar menuntaskan RAJ dengan catatan waktu 12 hari 15 jam 26 menit. 

Sementara itu, cyclist asal Malaysia Mohd Puzi bin Dolah sampai di titik finis pada Jumat siang, 19 Juli 2024. Puzi sampai di Jakarta dengan catatan waktu 13 hari 5 jam 32 menit. 

Di Negeri Jiran, julukan Malaysia, Puzi memang sudah dikenal sebagai legenda olahraga berpetualang. Pria 58 tahun ini mulai dikenal publik Malaysia dalam keikutsertaan di Eco Challenge Expedition Race pada periode 1999 hingga 2001. Ia juga sanggup menyelesaikan Swiss Peak Ultra Marathon 2018 yang menempuh jarak 360 Km. 

Di olahraga ultra-cycling, keberhasilan Puzi menyelesaikan rute 3.000 Km mengelilingi Pulau Jawa adalah pencapaian terbaiknya. Sebelumnya, ia bersepeda sejauh 2.475 Km dalam event Four Corner Penninsula Malaysia.

Baca Juga: Kolom Sehat: DhoDho = Dhorong di Dholo

Tapi anehnya setelah 13 hari bersepeda di Indonesia, Puzi mengaku lebih menyukai jalur tanjakannya daripada lintasan menurun. Tanjakan yang paling berkesan menurutnya berada di Cikole, Bandung Barat. Bukan soal tanjakan yang curam, tapi kehangatan masyarakatnya. 

"Saya senang dengan tanjakan terakhir sebelum tiba di sini. Berat sekali karena tanjakannya konstan. Dan saya mendapatkan tawaran dari tiga pengendara motor yang ingin mendorong saya ke atas," kata Puzi. 

Ankit Kumar peserta RAJ 2024 yang berasal dari India. 

Keramahan masyarakat Indonesia juga menjadi hal paling bekesan bagi Kumar. Ia terbantu oleh dot watcher setelah mengalami masalah rem saat berada di Banjarnegara. 

"Ada seseorang dari komunitas sepeda federal di Banjarnegara. Mungkin 17-20 tahunan, lalu dia memelukku dan meminta foto. Dia juga telpon kawannya di Purwakarta karena masalah rem. Setelahnya semua berjalan sempurna," katanya. 

Seperti diketahui, Kumar cukup nekat mengikuti RAJ 2024. Hal ini karena ia bukanlah seorang cyclist ultra. RAJ merupakan ajang debutnya. Bahkan part-part sepeda pun dia tak paham. Kumar sejatinya lebih sering berpartisipasi dalam event-event ultra marathon dan triatlon sebelumnya. 

RAJ 2024 merupakan event ultra cycling yang akan menantang pesertanya memutari pulau Jawa sejauh 3.000 km. Elevasi totalnya mencapai angka 10 persen atau 30.000 meter. Sebanyak 45 cyclist mengikuti gelaran ini. 

Selama event, Anda bisa mengikuti update pemberitaan di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava. (Mainsepeda)


COMMENTS