Race Around Java 2024 Selesai, Dua Cyclist Over COT

Race Around Java 2024 resmi tuntas setelah waktu melewati pukul 23.59 WIB Sabtu malam, 20 Juli. Cyclist terakhir yang berhasil menuntaskan tantangan 3.000 Km mengelilingi Jawa adalah Hendra Tanujaya. 

Hendra menjadi finisher ke-22 yang tiba di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ia menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 14 hari 13 jam 9 menit.

"Terima kasih untuk semua orang yang sekedar menyapa, itu sudah memberikan semangat bagi saya dan yang lain. Perjalanan tiap harinya tantangannya selalu berbeda," ungkap Hendra. 

Hendra menjadi finisher terakhir sebelum COT yang telah ditentukan.

Setelah Hendra, tak ada lagi peserta yang mampu finish under-COT (Cut Of Time). Terdapat dua cyclist yang dipastikan finish melebih batas waktu, yakni Haenri Sudarendro dan Arbelly Noor. Haenri diketahui masih berada di kilometer 2.800-an atau di daerah Bandung. Sementara, Arbelly masih 600 Km dari titik finish. 

"Untuk Pak Haenri dan Om Arbelly tidak keburu malam ini. Beliau berdua over COT," kata Founder RAJ, Muhammad Dzaki Wardana. 

Dari 27 peserta Lone Wolf, 14 cyclist berhasil menyelesaikan balapan di bawah batas waktu atau under COT (Cut Of Time). Delapan cyclist DNF (Did Not Finish), tiga cyclist DNS (Did Not Start) dan dua peserta over COT. 

Selain itu, dua tim kategori pair, tiga tim relay 4 dan satu tim relay 2 juga berhasil menyelesaikan balapan sebelum COT. Duet Aldian Chandra Susanto dan Muhammad Akbar Ali menjadi peringkat pertama di kategori pair. Sedangkan, pemenang kategori team relay 4 jatuh kepada tim yang berisi Muhammad Irwan, Albert Welhelmus, Lilik Setiawan, dan Ravio Andika. 

Dzaki pun memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang meramaikan RAJ 2024. Melintasi 3.000 Km dan mendaki 30.000 meter total elevasi dengan bersepeda adalah hal yang berat.

"Kalian luar biasa. Perjuangan kalian di RAJ bisa mengispirasi teman-teman yang lain. Ini merupakan sejarah baru ultra-cycling di Indonesia. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih untuk semua pihak," imbuh Dzaki. 

Selama RAJ berlangsung, segala update bisa diikuti di Mainsepeda App. Jangan lupa untuk mengikuti Dot Watcher Challenge dengan hadiah 1 frame Wdnsdy Aluminati Disc. Info selengkapnya di akun Instagram @Wdnsdybikes dan @racearoundjava. (Mainsepeda)


COMMENTS