Tour de France 2024, Etape 20: Pogacar Menang, Vingegaard Makin Nestapa

Jonas Vingegaard berusaha hingga titik akhir demi menggagalkan Tadej Pogacar untuk tak berpesta di puncak Col de la Couillole pada Sabtu Malam, 20 Juli 2024. Tapi pada kenyataannya, Pogacar malah menambah nestapa bagi pembalap Visma-Lease a Bike itu.

Pogacar meraih kemenangan etape kelimanya di Tour de France 2024 setelah menyelesaikan balapan dalam waktu 4 jam 4 menit 22 detik. Ia finis 7 detik lebih cepat dari Vingegaard yang harus puas duduk di posisi kedua. 

Pembalap Slovenia sekali lagi tampil sempurna di rute pegunungan. Bahkan kemampuannya untuk melibas jalur pendakian tak perlu diragukan lagi. 

Ketika pembalap lain seperti Vingegaard, Richard Carapaz, dan Enric Mas harus off sadlle untuk menambah kekuatan di rute tanjakan menuju Col de la Couillole. Pogacar tetap santai dan tenang di atas sepedanya. Sekalinya Pogacar melakukan teknik off saddle, ia sanggup memperlebar jarak 7 detik dari Vingegaard dan finis seorang diri. 

Vingegaard, Pogacar, dan Carapaz saling adu kekuatan di tanjakan terakhir jelang finis. 

"Saya sangat menikmatinya. Mungkin tidak berjalan sesuai rencana kami, tapi saya tetap merasa bahagia," kata Pogacar. 

Hasil balapan etape 20 ini membuat jarak waktunya dengan Vingegaard di klasemen general classification kembali melebar. Kedua pembalap kini terpisah 5 menit 14 detik, bertambah 11 detik dari etape sebelumnya. Sedangkan, peringkat ketiga masih diisi oleh Remco Evenepoel yang berselisih jarak 8 menit 4 detik dari Pogi, sapaan Pogacar. 

Baca Juga: Race Around Java 2024 Selesai, Dua Cyclist Over COT

Jarak waktu ini menjadi modal yang sangat mencukupi bagi Pogacar untuk membawa pulang gelar Tour de France 2024. Ia hanya perlu bermain aman tanpa insiden di etape terakhir pada Minggu, 21 Juli 2024. 

Target dobel Giro-Tour pun semakin menjadi kenyataan. Sejauh ini rekor dobel Giro-Tour telah bertahan 26 tahun. Pembalap terakhir yang meraihnya ialah Marco Pantani pada tahun 1998 lalu. 

"Lima kemenangan etape lebih dari cukup. Tapi satu yang benar-benar cukup ialah meraih jersey kuning. Saya pikir saya harus sampai ke Nice dengan aman. Ini balapan Time Trial yang cukup berbahaya," imbuh Pogacar.

Balapan etape 21 bertipikal Individual Time Trial (ITT) akan digelar dari Monaco menuju Nice sejauh 33,7 Km. Tidak berakhir di Paris seperti gelaran Tour de France yang lalu. Hal ini karena kota Paris sedang bersiap menyambut pelaksanaan Olimpiade 2024 yang akan mulai berlangsung pekan depan. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS