Resmi! Pogacar Raih Dobel Giro-Tour

| Penulis : 

Tadej Pogacar memastikan gelar juara ketiga kalinya di ajang Tour de France usai memenangi etape 21 pada Senin dini hari, 22 Juli 2024. Pogacar meraih double title Giro-Tour! Gelar langka yang bertahan selama 26 tahun setelah terakhir diraih Marco Pantani pada 1998.

Pembalap Slovenia menjadi cyclist terakhir bertolak dari Monaco. Melesat melewati jalur berbukit dengan jarak 33,7 Km dengan kecepatan rata-rata 44,521 Km/jam. Ia mencatatkan waktu 45 menit 25 detik. Lebih cepat 1 menit 2 detik dari peringkat kedua, Jonas Vingegaard.

Format balapan Individual Time Trial (ITT) di etape terakhir Tour de France 2024 terasa membosankan. Pasalnya nama sang juara bak sudah terpatri sejak etape sebelumnya.

Pogacar mencatatkan waktu tercepat di check point pertama dan kedua di puncak tanjakan Col d'Eze. Kecepatannya tak berkurang sama sekali saat menuju titik akhir di Nice. Bahkan pembalap sprinter seperti Remco Evenepoel pun gagal menandinginya. 

Pogacar menutup klasemen general classification dengan keunggulan telak dari Vingegaard. Ia menjuarai Tour de France 2024 dengan perbedaan waktu 6 menit 17 detik. 

Hasil ini menunjukkan betapa sempurnanya Pogi, julukan Pogacar. Hebat di rute tanjakan terjal, secepat kilat di segmen time trial. Data menyebutkan bahwa Pogacar selalu podium di tujuh balapan time trial terakhir pada balapan etape GrandTour.  

"Saya sangat senang. Saya tidak dapat menggambarkannya setelah dua tahun yang berat di Tour de France. Tahun ini semua terasa sempurna," kata Pogacar. 

Rekor Marco Pantani yang meraih dobel gelar Giro-Tour pada tahun 1998 akhirnya mampu disamai Pogi. Cyclist 25 tahun ini memang sejak awal menargetkan mampu menyatukan dua gelar GrandTour tersebut. 

"Meraihnya sangat luar bisa. Saya tak pernah memikirkannya. Memenangi Tour de France berada di level lain, dan memenangi keduanya berada di atas level tersebut," jelasnya. 

Gelar juara ketiga di Tour de France membuat Pogacar saat ini setara dengan pembalap legendaris seperti Greg Lemond, Louison Bobet, dan Philippe Thys. Namun, jika ingin mencetak sejarah baru ia perlu tiga gelar Tour de France lagi.

Sementara itu, Biniam Girmay berhak atas titel juara klasemen poin. Ia meraih poin tertinggi selama penyelenggaraan Tour de France 2024 dengan perolehan 387 poin. Dan untuk juara klasemen King Of Mountain (KOM) menjadi milik Richard Carapaz. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

Populer

Ramai Latihan ke Gunung Demi Taklukkan Taiwan KOM
Kolom Sehat: His Name is Also Effort
Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Tour of Guangxi 2024: Kecelakaan Massal, Ethan Vernon Rebut Jersey Merah
Kolom Sehat: Earn vs Burn
Kolom Sehat: Don't Rich People Difficult (E-Bike)
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Tips Merakit Gravel Bike dengan Harga Terjangkau
Cerita Janu Joni Nge-Drop di Bentang Jawa 2024