Tour de Banyuwangi Ijen 2024, Preview Etape 4: Cyclist Climber Bakal Rebound di Jalur Neraka

Tiga etape Tour de Banyuwangi Ijen 2024 sejauh ini dikuasai para sprinter. Namun, para climber diprediksi akan melakukan rebound di etape terakhir Kamis, 25 Juli 2024. 

Etape 4 akan dimulai dari Pantai Boom Marina menuju Paltuding Ijen sejauh 167,5 Km. Lintasan ini disebut banyak pihak sebagai 'jalur neraka' karena akan melalui tanjakan Hors Categorie.

Balapan akan dimulai pukul 09.30 WIB, belum genap 10 Km bersepeda, para pembalap akan menghadapi tanjakan di kawasan Pesucen. Sebagai menu pembuka, tanjakan ini tak terlalu curam. Berupa tanjakan kategori 4. 

Puncak kekejaman etape 4 baru akan dirasakan Muhammad Imam Arifin dkk pada 30 Km terakhir sebelum finish. Diawali dengan pendakian di tanjakan kategori 3 di Kalibendo. Jaraknya 12,1 Km dengan gradiens maksimal 10 persen.

Baca Juga: Tour de Banyuwangi Ijen 2024: Raih Ijen Sulfur Jersey, Imam Arifin Ikuti Rekor Manajernya

Ketika tanjakan Kalibendo teratasi, para cyclist hanya punya waktu kurang dari 10 menit untuk melemaskan ototnya. Ini karena tanjakan Hors Categorie sudah di depan mata. 

Tanjakan munuju Ijen sangat curam dengan gradiens maksimalnya mencapai 23 persen. Yang lebih menyakitkan karena tanjakan ini secara konstan naik sejauh 14,4 Km. Tidak ada ruang untuk beristirahat sedikit pun sebelum sampai puncak Paltuding.

Merhawi Kudus merupakan salah satu climber terkuat di Tour de Banyuwangi Ijen 2024. 

Menurut Procyclingstats.com, Merhawi Kudus dari Terengganu Cycling Team merupakan pembalap berkemampuan terbaik dalam pendakian. Mantan pembalap EF Education-EasyPost ini memiliki ranking 172 untuk posisi climber

Kudus mengakhiri balapan sebagai peringkat keempat pada etape 3. "Saya pikir saya terus berkembang hingga saat ini," ungkap Kudus. 

Sementara itu, pemegang klasemen general classification Muhammad Imam Arifin, mengaku akan berusaha keras mempertahankan posisinya. Meski hal ini akan sulit mengingat Imam adalah seorang sprinter. 

"Saya akan habis-habisan mempertahankan posisi saya, sebisa mungkin," tuturnya. 

Selain nama Kudus dan Imam, cyclist Jepang Masahiro Ishigami juga patut diperhitungkan memenangi etape 4. Pembalap Aisan Racing Team saat ini menjadi penguasa jersey polkadot. Ia memimpin klasemen King of Mountain (KOM) dengan koleksi 12 poin. (Mainsepeda)


COMMENTS