Keragaman pariwisata Banyuwangi semakin meningkat. Berbagai spot baru satu-persatu terus dikenalkan ke publik. Termasuk untuk EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM. Bersama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Mainsepeda menetapkan Banyuwangi Park sebagai lokasi start seri pemungkas East Java Trilogy, 21 September 2024 mendatang. 

Sejak digelar pertama pada 2022, lokasi start Bluefire Ijen KOM selalu dimulai di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Lokasi itu berada di pusat kota Banyuwangi. Berdekatan dengan beberapa landmark kota seperti Alun-Alun Kota Banyuwangi atau Tugu Patung Garuda Pancasila.

Dan di edisi ke-3 ini, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 akan dimulai dari Banyuwangi Park. Lokasi tersebut berjarak 8 Km ke arah selatan dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan, tepatnya di dusun Krajan, Kecamatan Kabat.

Pemilihan lokasi start yang baru ini bertujuan untuk mendorong potensi wisata di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi Park merupakan lokasi wisata baru. Mulai beroperasi pada Maret 2023 lalu. "Mainsepeda berkomitmen untuk mendukung potensi wisata di lokasi digelarnya event kami, khususnya di Kabupaten Banyuwangi," kata Event Director Mainsepeda Donny Rahardian. 

Baca Juga: Presiden UCI Sambut Royke Lumowa Setelah Tuntaskan Gowes Jakarta-Paris

Banyuwangi Park merupakan wisata taman belajar dan rekreasi yang mengangkat konsep kebudayaan daerah. Mulai dari miniatur wisata hingga wahana edukasi di science center. Selain itu, ada area hiburan yang menawarkan wahana-wahana menantang adrenalin dan seru. Diantaranya spinning coaster, octopus, dan wave pool.

Lokasi Banyuwangi Park cukup strategis karena tidak terlampau jauh dari pusat kota Banyuwangi. Hal ini membuat pilihan tempat menginap bagi para cyclist cukup beragam.

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Banyuwangi M. Alfin Kurniawan memberi dukungan penuh kepada penyelenggaraan Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM. Alvin pun berharap event nanjak khas Mainsepeda ini dapat diselenggarakan jangka panjang di Banyuwangi.

"Pemkab Banyuwangi sepenuhnya memberikan dukungan penuh. Kami inginnya menjadi event jangka panjang. Saya ingin Banyuwangi menjadi ikon event sepeda di Indonesia," sebutnya. 

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 bakal digelar 21 September 2024 mendatang. Event ini menjadi seri terakhir dari East Java Trilogy tahun ini. Sebelumnya, rangkaian trilogi telah sukses tergelar yaitu, Antangin Bromo KOM X pada 18 Mei dan Kediri Dholo KOM 14 Juli lalu. (Mainsepeda)

Populer

Ijen KOM 2024: Jarak Lebih Jauh, COT Lebih Panjang
6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri
Kuota Terpenuhi, 500 Peserta Bakal Ramaikan Kediri Dholo KOM 2024
Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman
Ijen KOM 2024: Tanjakan HORS Categorie Penentu Juara Men Elite
Ijen KOM 2024: Inilah Kuliner Hidden Gem Banyuwangi, Wajib Cicip!
Bianchi Merilis Sprint, Road Bike dengan Harga Terjangkau
Komunitas Velo Girls Lombok Ingin Berbagi Lebih di Tahun 2024
Tips Merakit Frame Ukuran Ekstra Kecil
Resmi! Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2024 Digelar 21 September