Usai Olimpiade Paris, Wout van Aert Bakal Debut Vuelta a Espana

Tak ada waktu rehat bagi Wout van Aert. Bintang Belgia telah mengkonfirmasi bakal berpartisipasi pada seri terakhir balapan GrandTour musim ini, Vuelta a Espana. Balapan ini akan menjadi debut bagi Van Aert. Ia sebelumnya belum pernah beraksi di Vuelta a Espana, meski telah 12 tahun berkarir di dunia balap sepeda.

"Berlibur? Tidak. Dalam dua pekan saya akan berada di lokasi start Vuelta," kata Van Aert dalam wawancara di program televisi Belgia. 

Sebelumnya pembalap 29 tahun ini berencana akan mengikuti Giro d'Italia untuk kali pertama tahun ini. Namun, insiden kecelakaan di balapan di Dwars door Vlaanderen pada akhir Maret lalu menggagalkan rencana tersebut. 

Van Aert berpelukan dengan Evenepoel usai masing-masing memastikan medali di nomor ITT Olimpiade Paris. 

Ia pun lantas fokus pada persiapan jelang Tour de France 2024. Dari 21 etape yang dijalani di Le Tour, Van Aert berhasil tiga kali naik podium. Namun, tak sekalipun keluar sebagai pemenang etape balapan. 

Akhir pekan lalu, Van Aert berperan menjadi pendukung utama untuk Remco Evenepoel merebut medali emas Olimpiade 2024 di nomor Men's Road Race. Pembalap Visma Lease a Bike ini pun sukses membawa pulang medali perunggu di nomor Men's Time Trial pada 27 Juli lalu. 

Baca Juga: Gowes Ribuan Kilometer untuk Lombok Utara

Van Aert akan berdampingan dengan rekan setimnya Sepp Kuss dalam perjalanannya menuju Vuelta a Espana. Kuss sendiri berstatus sebagai juara bertahan. Tahun lalu, pembalap Amerika Serikat ini sukses besar mengandaskan perlawanan Jonas Vingegaard dan Primoz Roglic yang merupakan rekan setimnya di Jumbo Visma kala itu. Ia pun menjuarai Vuelta a Espana 2023 dengan keunggulan 17 detik dari Vingegaard di klasemen general classification.  

Vingegaard (kiri), Kuss, dan Roglic merayakan keberhasilan mereka mendominasi Vuelta a Espana 2023. 

Sejauh ini, Roglic yang saat ini membela Red Bull-Bora-Hansgrohe menjadi kompetitor paling berbahaya bagi duo Visma Lease a Bike. Sedangkan, Juara Tour de France 2024 Tadej Pogacar sudah dari jauh-jauh hari menyatakan bakal absen pada Vuelta a Espana musim ini. Ia nampak sudah berpuas diri dalam raihan dobel Giro-Tour tahun ini. 

Sementara itu, peraih dua medali emas Olimpiade Remco Evenepoel belum memberikan konfirmasi terkait keikutsertaannya di Vuelta musim ini.

Vuelta a Espana sendiri akan dimulai pada 17 Agustus 2024. Balapan akan dimulai dengan rute pendek 12 Km dari Lisbon ke Oeiras dengan kategori Individual Time Trial (ITT). Sedangkan, etape penutup juga akan mempertandingan balapan ITT yang dipusatkan di Kota Madrid pada 8 September. (Mainsepeda)


COMMENTS