Olimpiade Paris 2024: Lulusan Harvard Rebut Emas Bersejarah Women’s Road Race

Cyclist Amerika Serikat Kristen Faulkner menciptakan kejutan besar di penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024. Pembalap 31 tahun itu berhasil merebut medali emas di nomor Women's Road Race Minggu, 4 Agustus 2024. Prestasi yang bahkan Faulkner sendiri tak menyangkanya.

Dia menyelesaikan rute balapan sejauh 157,6 Km dengan catatan waktu 3 jam 59 menit 23 detik. Faulkner finish solo dengan mengalahkan peraih medali emas Olimpiade 2012 Marianne Vos dan pembalap perempuan terbaik saat ini Lotte Kopecky. Keduanya menyelesaikan balapan dengan perbedaan 58 detik dari Faulkner. 

Cyclist yang lahir di Alaska ini juga mencatakan sejarah menjadi atlet balap sepeda perempuan pertama Amerika Serikat yang meraih medali emas sejak 40 tahun lalu. Terakhir medali emas di cabor balap sepeda jalan raya diraih oleh Connie Carpenter pada Olimpiade Los Angeles pada tahun 1984.

Faulkner finis seorang diri berkat keunggulan 58 detik dari lawan terdekatnya. 

Fakta luar biasanya, Faulkner tak pernah dipersiapkan untuk turun di nomor road race. Awalnya hanya disiapkan untuk nomor Women's Team Pursuit dalam balapan di track. 

Cobaan Faulkner lainnya, insiden kecelakan di musim panas lalu. Ia tertabrak mobil saat berlatih di California. Lututnya retak dan terjadi pembekuan darah di paru-parunya. Namun, ia dapat kembali dan masuk daftar kontingen Amerika Serikat.

Nasib baik kemudian datang. Ia diumumkan sebagai pengganti atlet pesepeda Taylor Knibb pada awal bulan Juli lalu. Dengan persiapan hanya satu bulan dan ia bisa mengalahkan cyclist terbaik saat ini.

"Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Perasaan terbaik yang pernah ada, entah bagaimana menggambarkannya," kata Faulkner. 

Baca Juga: Usai Olimpiade Paris, Wout van Aert Bakal Debut Vuelta a Espana

Perjalanan karir Faulkner sebagai atlet profesional terbilang penuh lika-liku. Ia bukanlah seorang atlet balap sepeda yang terpatri sejak usia muda. Lebih banyak berkecimpung di olah raga dayung saat menekuni sekolah tinggi di Harvard.

Ceritanya dimulai ketika ia memilih bersepeda karena hobi ketika ia bekerja sebagai kapitalis ventura di New York. Gilanya ia meninggalkan segala pekerjaannya yang mungkin menjadi impian semua orang untuk menjadi atlet sepeda profesional. Pilihan yang berisiko untuk seseorang yang telah berusia 24 tahun. 

Faulkner memulai mengikuti event kompetitif di New York pada 2017. Pada tahun 2020, ia akhirnya bergabung dengan tim pertamanya Team TIBCO-SVB. Saat itu pun ia terdaftar sebagai pekerja penuh waktu di perusahaan investasi, Treshold Ventures. 

Akan tetapi, pertaruhan karirnya berjalan cukup mulus. Meskipun belum mampu menyaingi prestasi cyclist-cyclist kenamaan, Faulkner beberapa kali memenangi beberapa balapan etape di kelas Women WorldTour. Terakhir ia finis terdepan di etape 4 Vuelta Espana Femenina pada awal Mei lalu. 

"Saya mengambil risiko terbesar dalam hidup saya untuk mewujudkan mimpi dan membuatnya terjadi," kata Faulkner. 

Pembalap yang saat ini membela EF-Oatly-Cannondale akan kembali beraksi di atas pedal sepedanya di nomor Women's Team Pursuit dalam balapan balap sepeda track pada Selasa, 6 Agustus 2024. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS