162 Cyclist Ramaikan Bentang Jawa 2024

Event ultra-cycling Bentang Jawa 2024 resmi dimulai pada Minggu, 11 Agustus 2024. Berlokasi di Carita Banten, balapan dimulai pada pukul 05.30 WIB. 

Tercatat tahun ini terdapat 162 cyclist yang akan ikut meramaikan event yang akan menyusuri Pulau Jawa ini. Jumlah peserta ini disaring dari 300-an cyclist yang telah mendaftar sebelumnya. 

"Tahun ini peserta lebih banyak. Partispasi cyclist perempuan juga lebih banyak. Yang dari luar juga lebih banyak lagi," kata Pelaksana Event Bentang Jawa, Darrick Subrata. 

Bentang Jawa sendiri merupakan event ultra-cycling yang berjarak 1.500 Km. Total elevasinya 17.000 meter. Rute dari pantai barat Jawa di Carita hingga ke pantai timur di Banyuwangi. 

Baca Juga: Clasica de San Sebastian 2024: Penantian Panjang Hirschi yang Berakhir Manis

Lintasan akan melewati jalur selatan Jawa dengan 6 provinsi. Dan ada tiga lokasi Checkpoint (CP) yang disiapkan pihak penyelenggara. Mulai dari Ranca Buaya (CP1), Blitar (CP 2), Ranupani (CP3) dan terakhir finis di Banyuwangi.  

Hanya ada dua kategori balapan di Bentang Jawa 2024. Yakni untuk cyclist Individual/Solo dan Pair/Team yang terdiri dari dua pembalap. 

"Harapannya semua peserta menjunjung tinggi sportivitas, tidak ada kecurangan. Semua berjalan lancar juga, tanpa ada kecelakaan karena finis terbaik itu di rumah," imbuhnya. 

Hingga pukul 10.30 WIB, pasangan Pair Boru McCullagh dan Finley Newmark masih memimpin balapan. Mereka telah sampai di kilometer ke-150. 

Di nomor Solo, Handika menjadi pembalap terdepan. Ia telah melintasi KM 148. Laju Handika dibuntuti oleh Mufti Fadilah yang berada 8 kilometer di belakang Handika. (Mainsepeda)


COMMENTS