Tour de Pologne 2024: Menang di Etape Pembuka, Thibau Nys Semakin Bersinar

Thibau Nys mengawali balapan Tour de Pologne 2024 dengan sangat sempurna. Pembalap Lidl-Trek ini memenangi balapan usai mengalahkan Wilco Kelderman di finis tanjakan Karpacz pada Senin, 12 Agustus 2024. Hasil ini membuat masa depannya kian bersinar. 

Nys baru debut di balapan level tertinggi WorldTour pada musim lalu. Tapi musim ini, namanya telah meroket tinggi. Pembalap yang baru berusia 21 tahun itu tercatat sudah tiga kali memenangi balapan etape di berbagai event. 

Mulai dari kemenangan etape 2 Tour de Romandie 2024, etape 3 Tour de Suisse 2024, dan yang terbaru tentunya balapan Tour de Pologne. Selain itu, Nys juga membawa pulang trofi juara balapan 2.Pro Tour de Hongrie pada Mei lalu. 

Pada kilometer terakhir, Kelderman seperti selangkah lagi memenangi balapan. Ia melakukan serangan dan menjaga jarak aman ketika balapan menyisakan 500 meter terakhir. 

Baca Juga: Tour de Pologne 2024: Misi Tertunda Vingegaard di Polandia

Akan tetapi, Nys yang berada di peloton pengejar mulai menambah intensitas kayuhan pedal sepedanya. Lintasan menuju garis finis yang memiliki segmen menanjak memberikan keuntungan bagi Nys yang merupakan seorang climber. Tak perlu waktu lama, Kelderman pun dapat terkejar. 

Nys terus melaju tak terhenti. Bahkan juara dua kali Tour de France Jonas Vingegaard pun gagal mengejarnya. Ia finis terdepan setelah merampungkan rute 156 Km dengan catatan waktu 3 jam 36 menit 57 detik. Ia unggul tiga detik dari Kelderman. Diikuti pembalap EF Education-EastPost Lukas Nerurkar. 

Baca Juga: Transportasi Banyak Opsi, Makin Mudah Menuju Banyuwangi

Sementara itu, Vingegaard berada di posisi keempat dengan jarak 6 detik dari Nys. Torehan jarak yang sama juga dicatatkan oleh juara bertahan Tour de Pologne 2023, Matej Mohoric. 

Hasil ini membuat Nys memimpin sementara klasemen general classification (GC). Ditambah dengan bonus waktu sebagai pemenang balapan, Nys memimpin dengan perbedaan tujuh detik dari Kelderman. 

Etape kedua Tour de Pologne akan diwarnai dengan balapan Individual Time Trial (ITT). Balapan berjarak 15,4 Km dari Myslakowice menuju Karpacz akan menjadi momentum bagi para sprinter untuk mengambil alih klasemen GC. Termasuk Vingegaard yang bertipe pembalap all around. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS