Tour de Pologne 2024, Etape 3: Thibau Nys Gandakan Kemenangan

Thibau Nys sekali lagi tampil mengagumkan. Cyclist 21 tahun ini menggandakan kemenangannya di gelaran Tour de Pologne 2024 pada Rabu, 14 Agustus 2024. Nys mengalahkan pembalap senior milik UAE Team Emirates, Diego Ulissi, dengan sprint yang sempurna. 

900 meter jelang finis, para pembalap mengarah ke tanjakan terakhir di Duszniki-Zdroj. Jalannya menyempit dan menanjak cukup terjal. Gradiens-nya sekitar 9 persen. Sangat menyulitkan untuk bermanuver secara spontan. 

Ulissi dan Wilco Kelderman (Visma Lease a Bike) yang berada di baris terdepan mendapatkan keuntungan. Keduanya menarik peloton terdepan yang berisi 20 pembalap sekaligus membatasi pergerakan lawan-lawan mereka. 

200 meter sebelum finis, adu sprint terjadi. Ulissi sempat mengungguli Kelderman. Namun, Nys yang datang dari belakang menciptakan kejutan. Ia berhasil mendahului kedua rivalnya tersebut dan memastikan kemenangan. Pada akhirnya, posisi runner up diisi oleh Ulissi. Sedangkan, Kelderman harus puas berdiri di podium terakhir. 

Penampilan impresif Nys kali ini bak membayar performa buruknya di etape Individual Time Trial (ITT), Kemarin. Pada balapan etape 2 itu, cyclist Belgia ini hanya menempati posisi ke-96. Tertinggal lebih dari 3 menit 33 detik dari pemenang lomba, Tim Wellens. Tercatat Nys telah meraih 10 kemenangan di level Pro sejauh ini, empat diantaranya berstatus balapan level tertinggi, WorldTour UCI. 

Baca Juga: Yusuf Berkibar di Bentang Jawa 2024 Finish dengan Waktu Tercepat

Meskipun kembali menang, Nys belum mampu merebut pimpinan klasemen general classification (GC) dari tangan Vingegaard. Pembalap Denmark ini finis di posisi kesembilan. Torehan waktunya sama dengan pemenangan balapan, yakni 4 jam 3 menit 21 detik. 

Hal ini membuat klasemen GC tak banyak berubah. Hanya saja perbedaan waktunya menipis. Vingegaard saat ini hanya berjarak 19 detik saja dari Ulissi yang berada di peringkat kedua. Sedangkan, lis ketiga diisi Kelderman. 

Ulissi sendiri berhak atas jersey hijau. Ia menggeser perolehan poin Vingegaard yang sebelumnya memimpin klasemen Points. Hingga etape 3, pembalap 35 tahun ini mengoleksi 49 poin. Unggul 1 poin saja dari Vingegaard.

Balapan selanjutnya akan dimulai dari Kudowa-Zdroj ke Prudnik. Rutenya sejauh 195,3 Km. Meski akan melewati sejumlah tanjakan, tapi segmen jalan datar akan lebih banyak dilalui pembalap. Artinya segmen di etape 4 akan menguntungkan bagi para sprinter. Pembalap seperti Olav Kooij dan Tim Merlier diprediksi akan mampu bersaing sebagai pemenang. (Mainsepeda)


COMMENTS