Tour de Pologne 2024: Tusukan Sprint Tim Merlier Puncaki Etape 5

Para sprinter silih berganti naik podium di gelaran Tour de Pologne 2024. Kini giliran Tim Merlier yang memenangi balapan etape 5 pada Jumat, 16 Agustus 2024. Pembalap Soudal Quick-Step ini mengikuti jejak sprinter sebelumnya, yakni Tim Wellens dan Olav Kooij.  

Balapan yang dimulai dan diakhir di Katowice ini berjarak 187,6 Km. Lintasannya berbukit. Tapi tak ada segmen tanjakan yang cukup terjal. Tentu rute ini menguntungkan bagi pembalap pemuja kecepatan. Beberapa pembalap mencoba melakukan breakaway. Seperti Johan Jacobs (Movistar) dan Xavier Azparen (Q36.5 Pro Cycling Team). Namun, keduanya tertangkap peloton 11 Km sebelum finis. 

Peloton berisi 70 pembalap terus melaju menuju finis. Nahasnya Phil Bauhaus dan Mads Pedersen harus tercecer karena terlibat kecelakan. Insiden itu terjadi hanya 3 Km sebelum garis akhir!

Memasuki 500 meter terakhir, adu sprint pun terjadi. Di tengah riuh berebut posisi terdepan. Merlier menusuk dari tengah dan sukses melewati lawan-lawannya. Ia pun unggul tipis dari Jordi Meeus (Red Bull-BORA-hansgrohe). Cyclist Belgia ini yang mengisi posisi runner up. Sementara, pemenang balapan etape sebelumnya Olav Kooij berada di peringkat ketiga. 

Baca Juga: Preview Vuelta a Espana 2024: GrandTour Paling Penuh Teka-Teki

Hasil positif ini menjadi kemenangan ke-47 bagi Merlier di balapan profesional. Hampir seluruhnya kemenangan tersebut didapatkan pada balapan-balapan rute flat dan hilly. Yang mana kecepatan menjadi kuncinya. Pembalap 31 tahun ini juga tampil apik di Giro d'Italia 2024. Ia meraih tiga kemenangan etape. Termasuk etape terakhir di Roma pada akhir Mei lalu. 

Di lain pihak, hasil etape 5 lagi-lagi tidak merubah puncak tangga klasemen general classification (GC). Jonas Vingegaard masih mengisi posisi puncak. Diikuti Diego Ulissi (UAE Team Emirates) dan rekan setimnya, Wilco Kelderman. 

Balapan etape 6 menjadi kesempatan terakhir bagi Vingegaard untuk menciptakan jarak waktu. Lintasan dari Wadowice menuju Bukovina Resort akan berisi segmen tanjakan. Total elevasinya mencapai 3.134 meter. Sedangkan, panjang rute 183,2 Km. Cocok bagi pembalap asal Denmark yang merupakan cyclist climber.  (mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS