Tour de Pologne 2024, Etape 6: Nys Cetak Hat-trick, Vingegaard Kembali Gigit Jari

Lagi-lagi Thibau Nys menciptakan decak kagum. Untuk ketiga kalinya, pembalap Lidl-Trek ini sukses memuncaki podium balapan Tour de Pologne 2024. Hat-trick dibuatnya ketika melakoni etape 6 pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Nys mengklaim kemenangan usai aksi sprint-nya tak terbendung oleh lawan-lawannya.

Etape kali ini merupakan The Queen Stage dari Tour de Pologne 2024. Total elevasinya mencapai 3.134 meter dengan jarak lintasan sejauh 183,2 Km. Meski berat, balapan berlangsung sangat intens sejak awal. 

Pembalap EF Education-EasyPost Archie Ryan mencoba breakaway pada jarak 20 Km sebelum finis. Namun, lajunya tertangkap peloton 2,3 Km terakhir. Sekitar 30 pembalap pun bersaing untuk naik podium menuju garis finis di Bukovina Resort. 

Di tengah hiruk pikuk persaingan, Yannis Voisard mencoba melancarkan serangan dini. Namun, 300 meter jelang finis pembalap Tudor Pro Cycling ini tertangkap. Pada akhirnya, Nys melancarkan sprint yang sempurna yang gagal diantisipasi Diego Ulissi. Pembalap senior UAE Team Emirates pun harus puas di posisi runner up. Lantas peringkat ketiga diisi Oscar Onley dari Team dsm-firmenich PostNL. 

Baca Juga: Tour de Pologne 2024: Tusukan Sprint Tim Merlier Puncaki Etape 5

Sementara itu, Jonas Vingegaard terlihat puas finis di posisi keempat. Sekaligus mempertahankan jersey kuning alias pimpinan klasemen general classification (GC). Pembalap Denmark ini masih menyimpan keunggulan 13 detik dari Ulissi. Perbedaan waktu itu akan menjadi modal Vingegaard melakoni etape terakhir esok hari. 

Mungkin itu menjadi bagian dari strategi. Dan sah-sah saja dilakukan. Tapi melihat Vingegaard tak sekalipun menang di Polandia terasa ada yang mengganjal. Terlebih ekspektasi terhadap juara 2 kali Tour de France ini terlampau tinggi. 

Tour de Pologne 2024 tidak diikuti Tadej Pogacar atau Remco Evenepoel. Dua nama yang selalu disandingkan dengan Vingegaard. Kesimpulan awam pun pasti menyebut pembalap 27 tahun ini akan menang mudah. Tapi faktanya, ia kesulitan mendominasi balapan. 

Etape terakhir akan dimulai di Wieliczka dan berakhir di Krakow. Jaraknya 142 Km. Rute balapan kali ini berupa lintasan jalan datar. Tugas Vingegaard adalah mempertahankan jarak waktunya dari para pesaingnya. 

Di sisi lain, persaingan dalam perebutan juara klasemen Points berjalan lebih seru. Setidaknya terdapat empat pembalap yang akan bersaing. Posisi puncak masih menjadi milik Ulissi. Pembalap Italia itu meraih 68 poin. Ia lantas dibuntuti duo Visma Lease a Bike, Vingegaard dan Wilco Kelderman. Masing-masing memiliki 65 dan 64 poin. Dan kandidat terakhir adalah Nys yang telah mengumpulkan 60 poin. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS