Tour de Pologne 2024: Klise! Vingegaard Juara Tanpa Diwarnai Kemenangan

Jonas Vingegaard menambah koleksi trofi di lemarinya. Piala terbarunya ialah gelar juara Tour de Pologne 2024. Pembalap Denmark ini mengunci posisi teratas klasemen general classification (GC) usai finis di peloton terdepan di balapan etape terakhir pada Minggu, 18 Agustus 2024. 

Trofi dari Polandia ini merupakan gelar ketiga bagi Vingegaard musim ini. Sebelumnya ia menjuarai balapan 2.1, O Gran Camino dan gelaran Tirreno-Adriatico yang berstatus WorldTour

Meskipun menuai keberhasilan, tapi gelar juara Vingegaard kali ini terasa klise. Sepanjang karirnya, ia sudah sembilan kali meraih juara pada balapan multi-etape. Tapi baru kali ini, pembalap 27 tahun ini membawa pulang trofi juara tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Baca Juga: Vuelta a Espana 2024: Brandon McNulty Rebut Etape Pembuka

Penampilan Vingegaard memang tak impresif. Ia memilih bermain aman. Seperti tak menunjukkan kapasitasnya sebagai juara dua kali Tour de France. Apalagi setelah ia mampu merebut klasemen GC pada balapan Individual Time Trial (ITT) di etape 2. Vingegaard finis sebagai runner up dan menciptakan jarak kurang dari 25 detik dari dua kompetitornya. Diego Ulissi dan Wilco Kelderman. Nama terakhir merupakan rekan setimnya. 

Perbedaan waktu itu yang dijaga sampai akhir oleh Vingegaard. Tanpa ada keinginan lebih untuk memenangi sisa etape. Di balapan terakhir, Vingegaard finis di peloton besar berisi 113 pembalap. Termasuk di dalamnya para kompetitornya di GC. Hal ini yang membuat klasemen juara umum tak berubah dari etape sebelumnya. Ulissi tetap di posisi kedua dengan tertinggal 13 detik dari Vingegaard. Dan Kelderman berada di lis tiga besar dengan jarak 20 detik. 

Sementara itu, pemenang balapan etape 7 adalah Olav Kooij. Pembalap Visma Lease a Bike ini mengalahkan Tim Merlier dalam sprint ketat di Krakow. Sedangkan, posisi ketiga diklaim oleh Gerben Thijssen, cyclist binaan Intermarche-Wanty. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS