Kaden Groves punya misi mempertahankan gelar juara points classification di Vuelta a Espana musim ini. Dan pembalap Alpecin-Deceuninck ini mengawalinya dengan sangat positif. 

Groves memenangi balapan etape 2 pada Minggu, 18 Agustus 2024. Hasil ini membuatnya mendapatkan 50 poin. Plus tambahan 15 poin saat adu sprints di daerah Alobaca. Akumulasinya menjadi 65 poin. Jumlah itu sudah cukup menghantarkannya di puncak klasemen points. Menggusur cyclist UAE Team Emirates, Brandon McNulty.

Edoardo Affini dari Visma Lease a Bike memulai sprint dengan peloton besar pada kilometer terakhir. Ia berniat memberikan jalan kemenangan bagi rekan setimnya, Wout van Aert. Namun, rencana tersebut dirusak Groves. Pembalap Australia merebut kemenangan di depan mata Van Aert dengan sprint yang sempurna. Van Aert pun harus puas duduk di posisi kedua. Dan podium terakhir menjadi pembalap Australia lainnya, Corbin Strong. 

Baca Juga: Tour de Pologne 2024: Klise! Vingegaard Juara Tanpa Diwarnai Kemenangan

"Ini kemenangan yang sangat bagus. Saya datang dengan motivasi yang super tinggi. Terima kasih kepada rekan-rekan setim yang tampil kuat hari ini," ungkap Groves. 

Meskipun gagal menang, Van Aert berhak atas jersey merah atau maillot rojo di balapan selanjutnya. Pembalap Belgia ini memimpin sementara klasemen general classification (GC). Bonus waktu 6 detik karena meraih posisi kedua membuatnya menggeser posisi McNulty dari pemuncak klasemen GC. Cyclist UAE Team Emirates ini turun di lis runner up dengan perbedaan 3 detik. Sedangkan, Mathias Vacek berada di lis ketiga tertinggal 5 detik. 

Etape 3 masih akan berada di wilayah Portugal. Rute balapan akan dimulai dari Lousa menuju Castelo Branco dengan jarak 191,5 Km. Balapan ini berkarakteristik lintasan hilly. Artinya baik Groves maupun Van Aert berpeluang kembali naik podium. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

Populer

Kuota Terpenuhi, 500 Peserta Bakal Ramaikan Kediri Dholo KOM 2024
Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman
6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri
Ijen KOM 2024: Jarak Lebih Jauh, COT Lebih Panjang
Ijen KOM 2024: Tanjakan HORS Categorie Penentu Juara Men Elite
Ijen KOM 2024: Inilah Kuliner Hidden Gem Banyuwangi, Wajib Cicip!
Bianchi Merilis Sprint, Road Bike dengan Harga Terjangkau
Komunitas Velo Girls Lombok Ingin Berbagi Lebih di Tahun 2024
Tips Merakit Frame Ukuran Ekstra Kecil
Resmi! Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2024 Digelar 21 September