Katarzyna Niewiadoma terlihat terduduk sambil menangis di puncak Alpe d'Huez. Tapi tangisan pembalap perempuan Canyon-SRAM adalah bentuk kebahagiaan. Ia menjuarai Tour de France Femmes 2024. Gelar paling prestisius yang pernah didapatkan oleh cyclist Polandia ini. 

Akan tetapi, klaim juara Niewiadoma diwarnai drama. Melakoni etape terakhir pada Minggu, 18 Agustus 2024, ia hampir kehilangan puncak klasemen general classification (GC). Demi Vollering yang sebelumnya hanya mengisi peringkat ke-8 klasemen GC. Tiba-tiba menjadi ancaman terbesar bagi Niewiadoma di etape terakhir. 

Cyclist Team SD Worx - Protime tampil luar biasa dan akhirnya memenangi balapan. Melahap lintasan yang diisi dua tanjakan HORS Categorie dengan catatan waktu 4 jam 34 menit 14 detik. Ia mengungguli Niewiadoma dalam pendakian Alpe D'Huez. Dan meninggalkannya jauh di belakang. 

Niewiadoma merayakan gelar juara dengan mengangkat sepedanya sesaat setelah finis. 

Usai finis, Vollering pun menjatuhkan diri di depan gerbang finis. Sembari mengamati pergerakan waktu detik demi detik menunggu kedatangan Niewiadoma. Berharap kompetitornya itu finis jauh lebih lambat. Dan akhirnya pembalap 29 tahun ini tiba dan menyelesaikan balapan 1 menit 1 detik di belakang Vollering. Akumulasi waktu menetapkan Niewiadoma sebagai juara dengan perbedaan 4 detik saja. Margin terpendek dalam sejarah penyelenggaraan Tour de France. 

"Empat detik ini terasa sangat ajaib sekarang. Saya senang dan sejujurnya, saya merasa ada banyak waktu di mana saya kehilangan kemenangan. Rasanya luar biasa berada di langkah teratas," ungkapnya. 

Baca Juga: Vuelta a Espana 2024, Etape 2: Awal Positif bagi Kaden Groves

Niewiadoma mulai memimpin klasemen GC pada etape 5. Memanfaatkan nasib buruk Vollering yang terlibat kecelakaan massal. Vollering pun finis 1 menit 47 di belakang barisan terdepan. Termasuk ada Niewiadoma di dalamnya. 

Tatanan klasemen GC pun berubah saat itu. Vollering yang awalnya mengenakan jersey kuning harus tergusur ke peringkat ke-9. Ia tertinggal 1 menit 19 detik dari Niewiadoma. Sedangkan, peringkat kedua sempat ditempati oleh pemenang medali emas Olimpiade Paris Women's Road Race, Kristen Faulkner. Ia tertinggal 19 detik. Catatan waktu tersebut yang menjadi modal juara oleh Niewiadoma hingga akhir. 

“Dalam balapan, Anda membutuhkan kaki yang bagus. Namun, Anda juga membutuhkan keberuntungan. Berada di posisi yang tepat. Saya merasa sering kali tidak berjalan sesuai keinginan saya," imbuh Niewiadoma. 

Musim ini menjadi periode terbaik bagi Niewiadoma. Ia sebelumnya memenangkan Gravel Worlds musim gugur lalu. Selain itu, ia juga menjuarai La Fleche Wallonne. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

Populer

6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri
Kolom Sehat: I’m Only Human
Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman
Ijen KOM 2024: Tanjakan HORS Categorie Penentu Juara Men Elite
Kuota Terpenuhi, 500 Peserta Bakal Ramaikan Kediri Dholo KOM 2024
Ijen KOM 2024: Inilah Kuliner Hidden Gem Banyuwangi, Wajib Cicip!
Resmi! Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2024 Digelar 21 September
Ijen KOM 2024: Honda Istana Banyuwangi Jadi Lokasi Pengambilan Race Pack 
Ijen KOM 2024: Persaingan Podium Berubah di Kelas Women Elite
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan