Vuelta a Espana 2024, Etape 5: Pavel Bittner Kalahkan Van Aert Lewat Foto Finish

Nama Pavel Bittner mungkin terdengar asing di telinga penikmat balap sepeda. Tapi setelah ini akan banyak yang akan menjadikannya buah bibir. Pembalap Ceko ini baru saja menciptakan pencapaian terbesar dalam karirnya setelah berhasil memenangi etape 5 gelaran Vuelta a Espana 2024 pada Rabu, 21 Agustus 2024. Prestasi yang belum pernah ia rasakan sebelumnya. Untuk pertama kalinya, pembalap 21 tahun ini menang di ajang World Tour UCI. 

Sorotan perhatian akan semakin tertuju kepadanya karena yang dikalahkan adalah Wout van Aert. Salah satu pembalap unggulan di Vuelta a Espana. Bittner unggul sangat tipis dari Van Aert. Bahkan penentuan pemenangnya harus dikonfirmasi melalui teknologi photo finish terlebih dahulu. 

"Ini hal yang sulit dipercaya. Maksud saya, Saya berhasil memenangi Vuelta pertama saya," kata Bittner. 

Kemenangan Bittner di luar prediksi banyak pihak, termasuk Van Aert sendiri. Pembalap asal Belgia ini tampak terlalu fokus untuk menyaingi pada pembalap Alpecin-Deceuninck, Kaden Groves.

Baca Juga: Vuelta a Espana 2024, Etape 4: Roglic Rebut Maillot Rojo dari Van Aert

Van Aert mendapatkan bantuan rekan setimnya Edoardo Affini untuk coba mengecoh Groves. Affiani menyisir dari sisi kanan untuk mengejutkan cyclist Australia itu. Rencana tersebut berhasil. Van Aert sukses mendahului Groves. Namun, Bittner melihat celah. Bittner menciptakan serangan sempurna yang gagal diantisipasi oleh Van Aert. Ia pun menang dan memaksa Van Aert gigit jari.  

"Saya pikir, saya terlalu dini melakukan serangan. Saya sempat kebingungan. Ini merupakan kesalahan yang mahal," kata Van Aert. 

Sementara itu, pimpinan klasemen general classification (GC) Primoz Roglic masih berhak atas jersey merah. Pembalap Slovenia ini finis bersama rombongan terdepan. Hal ini membuat klasemen GC tak banyak berubah dari etape sebelumnya. Pesaing terdekat Roglic masih Joao Almeida dari UAE Team Emirates. Keduanya terpaut 8 detik. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS