Rela Sewa Pelatih demi Anti-Nuntun di Ending East Java Trilogy

Demi anti-nuntun di EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024, Komunitas sepeda Manokwari Bike Association Cycling Club (MBA CC) rela merekrut pelatih khusus. Bahkan pelatihnya diterbangkan langsung dari Bandung, Jawa Barat. 

MBA CC merupakan komunitas yang hanya diisi kurang dari sepuluh cyclist. Namun, visinya mereka ingin naik level. Dari sekedar penghobi menjadi cyclist yang dapat mendulang prestasi. 

Saking seriusnya, porsi latihannya memiliki intensitas tinggi. Yakni enam hari dalam sepekan dengan waktu latihan di pagi dan sore hari. 

MBA CC berfoto bersama sebelum bersepeda mengelilingi kota Kediri.

"Kalau latihannya sih seperti biasa saya. Ada interval, strength, endurance, dan recovery ride juga," kata Pelatih MBA CC, David Kurniawan. 

Khusus di EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024, David menargetkan timnya anti-nuntun ketika mendaki di Ijen. Salah satu metodenya ialah peningkatan Functional Threshold Power (FTP). Melalui FTP, pelatih dapat mendiagnosis kekuatan atau kelemahan cyclist. Hal ini bermanfaat untuk menentukan program latihan. 

"Lebih kita tingkatkan intensitas intervalnya, strength-nya juga ditambah. Ditingkatkan juga FTP-nya. Untuk penghobi target saya 3,5 W/Kg sudah aman," imbuh David.

Baca Juga: Inilah yang Membuat Bentang Jawa 2024 Sangat Berkesan 

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 memiliki segmen tanjakan lebih panjang dan curam dibandingkan dua seri lain East Java Trilogy. Elevation gain mencapai hampir 2.000 meter dengan gradiens puncak di atas 20 persen. Sedangkan, lintasan pendakian mencapai 27 Km. 

"Ada salah satu teman di MBA CC ini berat badannya 93 Kg tapi tidak dorong di Kediri," jelasnya lebih lanjut. 

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 akan digelar Sabtu, 21 September 2024. Pendaftaran hanya bersisa dua hari saja! Penutupan pendaftaran peserta dilakukan pada Sabtu, 24 Agustus 2024 mendatang. (Mainsepeda)


COMMENTS