Vuelta a Espana 2024, Etape 6: Hari yang Sempurna bagi Ben O'Connor

Ben O'Connor secara tiba-tiba mencatatkan namanya sendiri sebagai calon kuat juara Vuelta a Espana 2024. Pembalap Decathlon-AG2R La Mondiale ini berhasil memenangi etape 6 pada Kamis, 22 Agustus 2024. Tapi yang paling mengejutkan ialah ia mampu finis solo di Yunquera dengan keunggulan sangat telak dari lawan-lawannya. 

O'Connor menuntaskan rute sejauh 185,5 Km dengan mencatatkan waktu tercepat, 4 jam 28 menit 12 detik. Unggul 4 menit 33 detik dari pembalap Italia, Marco Frigo. Sedangkan, peringkat ketiga ditempati oleh Florian Lipowitz. Cyclist binaan Red Bull-Bora-Hansgrohe ini tertinggal lebih dari 5 menit dari O'Connor. 

Tanda dominasi pembalap Australia ini sudah mulai terlihat ketika balapan masih berjarak 139 Km. Ia menjadi satu dari 11 pembalap yang melakukan breakaway dari peloton besar. Saat pendakian di puncak Puerto del Viento, Laju O'Connor semakin tak terbendung. Ia menjadi pembalap terdepan dalam jalur pendakian tersebut. Meninggalkan pembalap-pembalap lain kecuali Gijs Leemreize (DSM-Firmenich). 

Baca Juga: Rela Sewa Pelatih demi Anti-Nuntun di Ending East Java Trilogy

Akan tetapi, perlawanan Leemreize mulai mengendur ketika memasuki wilayah Puerto Martinez. 27 Km sebelum finis. O'Connor pun meninggalkan rivalnya itu dan melaju sendirian. Setelahnya cyclist 28 tahun ini tak terkejar hingga garis akhir finis. 

"Saya merasa hari ini ada kesempatan besar dan saya meletakkan harapan itu. Saya seperti memenangkan etape ini sejak awal. Balapan ini sangat istimewa. Saya menikmati setiap momennya," kata O'Connor. 

Semuanya terasa sempurna bagi O'Connor. Tak hanya memenangi balapan, ia berhasil pula merebut maillot rojo atau jersey merah dari tangan Primoz Roglic. Momen yang belum pernah ia rasakan sebelumnya. Bahkan ia memimpin klasemen general classification (GC) Vuelta a Espana 2024 dengan perbedaan waktu mencolok. 

Cyclist yang musim depan membela Team Jayco AIUIa ini mengungguli Roglic dengan jarak waktu 4 menit 51 detik. Di lis klasemen GC selanjutnya, ada nama pembalap UAE Team Emirates, Joao Almeida. Perbedaan waktunya dengan O'Connor adalah 4 menit 59 detik.  

"Saya bangga mencatatkan nama saya di lis tersebut. Saya mendapatkan jersey merah. Ini merupakan pengalaman sekali seumur hidup," kata O'Connor.

Balapan etape 7 akan melewati jalur rolling dari Archidona menuju Cordoba. Jaraknya 180.5 Km. Balapan ini kemungkinan akan dimenangkan oleh pembalap-pembalap sprinter. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS