Kolom Sehat: NC yang Bukan Necromancer

Halo pembaca, sebenarnya tulisan ini baiknya dibaca setelah Anda melihat podcast sisipan Maisepeda soal saya ikut di Bentang Jawa. Karena kalau Anda langsung membaca tulisan ini, Anda tidak tahu relevansinya.

Di podcast itu ceritanya mendekati akhir rekaman yang terus mengalir, Om Aza berusaha merapikan agar durasi tayangnya tidak terlalu bablas. Di akhir rekaman itu Om Aza menanyakan ke Kak Nila, apa yang dirasakan sebagai NC? Lalu apakah tahun depan mau berusaha lagi agar lolos cut off time?

Pertanyaan yang sama tidak ditanyakan ke saya, karena jawaban saya bakalan panjang. Ya bener sih, jawaban saya akan panjanggggg sekali.

Apa sebenanryanya NC itu? NC itu adalah singkatan dari non competitive. Predikat ini diberikan pada peserta Bentang Jawa yang tidak bisa masuk di bawah waktu cut off time tapi masih ingin melanjutkan dan menyelesaikan rute.

Jadi, semisal peserta nomer 1.000 lolos checkpoint (CP) 1 tapi tidak lolos waktu di CP 2, maka dia otomatis menjadi NC bila melanjutkan perlombaan. Catatan waktunya tidak dibukukan hanya dikasih sebutan menyelesaikan rute.

Nah BJ 2024 punya 3 CP dan satu titik finis. CP 1 dan 2 ada cut off time-nya. CP 3 tidak ada cut off time-nya. Dan garis finis ada cut off time-nya lagi.

Baca Juga: Kolom Sehat: Sambat

Nah Om Johnny (saya) NC sejak kapan?

Saya NC senior. Saya NC sejak CP 1. Sejak CP 1 waktu saya sudah lebih. Kalau batas waktunya itu Senin 12 Agustus 2024 pukul 22.00. Saya masuk CP 1 kira-kira jam delapan pagi, keesokkan harinya (Selasa 13 Agustus). Wkwkwk, lebihnya banyak.

Nah Kembali ke pertanyaan Om Aza, bila saya ditanya bagaimana jadi NC? Saya terus terang bahagia sekali. Karena beban lomba itu hilang dari saya. Dan saya nggak rugi. Lo kok bisa?

Iya karena kalau saya lolos CP 1, saya harus mati-matian ngejar waktu agar lolos CP 2. Demikian selanjutnya kalau saya lolos CP 2, saya harus mati-matian ngejar waktu agar lolos cut off time di garis finis.

Jadiiiiiiiii, kalau saya lolos CP 1 dan 2 tapi brebet ketika menjelang finisā€¦maka saya tetap jadi NC. Nggak kebayang getunnya (ruginya) kan?

Jadi saya satu NC paling senior angkatan 2024 karena sejak awal saya sudah NC. Dan peserta yang NC setelah CP 1 beban psikologisnya pasti lebih berat. Sebab badan sudah lelah ketika ngejar waktu di CP 1, dan lolos tapi tidak lolos di CP 2. Itu capeknya luar biasa!

Kalau saya di posisi ini, kans saya untuk lolos dan meyelesaikan BJ akan makin kecil. Sebab badan saya lelah, tapi target cut off time tidak tercapai.

Ketika saya jadi NC di awal itu fun karena NC sudah tidak terlalu ketat peraturannya. Kan sudah lewat waktu, jadi ketemu peserta NC yang lain kita kadang bercakap cakap dan saling menguatkan untuk tetap gowes sampai akhir tujuan.

Tapi yang lain tidak seberuntung saya. Ada peserta lain yang kena masalah kesehatan. Ada yang kelelahan. Ada yang cedera. Satu persatu tidak bisa meneruskan BJ

Di kesempatan ini saya berterima kasih sebesar besarnya pada kalian yang tidak henti menyemangati saya Karena sebenarnya saya sudah mau loading itu sejak hari pertama. Tapi minimnya opsi loading dan semangat dari kalian membuat saya jalan sehari lagi, dan sehari lagi sampai finis.

Terima kasih sekali lagi kalian memang luar biasaaaaaa!(Johnny Ray)


COMMENTS