Vuelta a Espana 2024, Etape 8: Primoz Roglic Berhasil Pangkas Jarak di Klasemen GC

Primoz Roglic mulai bangkit untuk mengejar ketertinggalan dari Ben O'Connor di klasemen general classification (GC) Vuelta a Espana 2024. Pembalap Red Bull-Bora-hansgrohe ini memenangi etape 8 pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Ia tampil dominan saat melalui pendakian terakhir di Cazorla. Lokasi yang juga menjadi garis finis balapan kali ini. 

Roglic bersaing ketat dengan pembalap Movistar Enric Mas hingga detik terakhir. Kedua pembalap ini mulai berada di baris terdepan usai mendahului Harold Tejasa (Astana Qazaqstan Team) pada 900 meter sebelum finis. Setelahnya perebutan podium menjadi milik mereka berdua. Mas sempat memimpin. Namun, di belokan terakhir Roglic melancarkan sprint yang akhirnya berbuah kemenangan. Mas pun harus puas menyelesaikan balapan sebagai runner up. Posisi ketiga menjadi milik cyclist asal Spanyol lainnya, Mikel Landa. Ia finis 14 detik lebih lambat dari Roglic dan Mas. 

Sementara itu, pimpinan klasemen GC Ben O'Connor gagal membuntuti laju Roglic. Pembalap Australia ini terlihat kesulitan mengatasi tanjakan dua digit menuju Cazorla. Ia pun harus puas mengakhiri balapan di posisi ke-17. O'Connor pun terpisah 46 detik dari Roglic. 

Baca Juga: Pedalling For Freedom Gowes 79 Km dari Balai Kota Malang 

Plus bonus waktu 10 detik hadiah pemenang etape, Roglic berhasil memangkas jarak 56 detik dari O'Connor di klasemen GC. Keduanya saat ini terpaut 3 menit 49 detik. Mas pun turut naik peringkat pasca balapan etape 8. Ia masuk tiga besar dan tertinggal 4 menit 31 detik dari pimpinan klasemen. 

"Saya cukup tersiksa, hari ini sangat sulit. Tapi pada akhirnya keuntungan ada di sana dan saya menyambutnya. Saya beruntung saya masih memiliki kaki untuk mengambil kesempatan itu hari ini," kata Roglic. 

"Kami akan menikmatinya, tapi mungkin besok saya akan kehilanhan 10 detik lainnya. Tapi itulah cara kerjanya jadi kita akan lihat selanjutnya," imbuhnya.

Seperti diketahui, Roglic berambisi merebut juara Vuelta a Espana musim ini. Pembalap Slovenia ini ingin menyamai rekor juara terbanyak yang saat ini dipegang oleh Roberto Heras sebanyak 4 kali. Sedangkan, Roglic sudah 3 kali juara Tour of Spain, julukan Vuelta.

Etape 9 akan berisi segmen tanjakan. Balapan dari Motril ke Granada sejauh 178,5 Km ini setidaknya memiliki tiga kali pendakian dengan kategori 1. Dua diantaranya ialah pendakian di Alto de Hazallanas yang memiliki gradiens rata-rata 9.6 persen dengan jarak 7,1 Km. Etape ini akan kembali menjadi milik para climber termasuk Roglic. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS