Vuelta a Espana 2024, Etape 9: Breakaway 60 Km Warnai Kemenangan Adam Yates

Pekan pertama Vuelta a Espana 2024 ditutup dengan kemenangan epik Adam Yates. Cyclist UAE Team Emirates ini finis terdepan di balapan etape 9 pada Minggu, 25 Agustus 2024. Tapi yang membuat performa Yates banjir pujian adalah keberhasilan menjaga konsistensi usai breakaway hampir 60 Km. 

Delapan etape sebelumnya, Yates tampil kurang mengesankan. Hasilnya ia tertinggal 9 menit 27 detik dari Ben O'Connor yang memimpin klasemen general classification (GC). Plus ditambah dengan kabar absennya Joao Almeida. Rekan setim Yates. Kabar ini membuat fokusnya sedikit terganggu. Almeida sendiri dilaporkan terjangkit virus COVID-19. 

Yates menjadi satu dari 26 pembalap yang melakukan breakaway sejak awal balapan. Tapi memasuki pendakian pertama Alto de Hazallanas, ia mulai memperlebar jarak dari lawan-lawannya. 

Memasuki kilometer ke-34 sebelum finis, pembalap Britania Raya ini unggul 2 menit 25 detik dari grup pengejar yang diisi empat pembalap. Termasuk Richard Carapaz dan Jay Vines di dalamnya. Akan tetapi, Yates terus tampil konsisten hingga menyentuh garis akhir. Ia finis seorang diri di Granada. Lebih cepat 1 menit 39 detik dari Carapaz. Sedangkan, peringkat ketiga diisi oleh pemimpin klasemen GC, Ben O'Connor. Cyclist 28 tahun ini menyelesaikan balapan dengan jarak 3 menit 45 detik dari Yates. 

Baca Juga: Gowes Peringati Dirgahayu RI di Kota Malang Berakhir Nagih

"Saya tidak pernah merasakan penderitaan seperti ini sebelumnya. Sangat panas di luar. Sejak pendakian terakhir, saya mengalami kram dan saya tak yakin bisa melanjutkannya. Tapi saya akhirnya senang karena bisa memenangi balapan GrandTour lainnya," ungkap Yates. 

Hasil balapan ini membuat komposisi klasemen GC berubah drastis bagi Yates. Ia berhasil naik 20 peringkat dan kini duduk di posisi ketujuh. Yates saat ini tertinggal 5 menit 30 detik dari O'Connor.

"Saya tidak peduli dengan GC. Ini tentang berjuang di semua etape. Dan saya berusaha untuk itu," imbuhnya. 

Di sisi lain, jarak O'Connor dengan peringkat kedua di klasemen GC Primoz Roglic sedikit melebar. Keberhasilan pembalap Australia itu finis di posisi ketiga membuatnya mendapatkan bonus waktu sebanyak 4 detik. Artinya saat ini kedua pembalap terpisahkan waktu 3 menit 53 detik. Roglic sendiri menuntaskan balapan etape 9 di waktu yang sama dengan O'Connor. 

Sementara itu, peringkat ketiga menjadi milik Carapaz. Pembalap EF Education-EasyPost ini merangsek naik sebanyak 15 peringkat sekaligus mendorong Enric Mas keluar dari posisi tiga besar. 

Balapan akan rehat satu hari pada Senin, 26 Agustus 2024. Dan etape 10 akan kembali digelar pada Selasa, 27 Agustus 2024. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS