Ijen KOM 2024: Bukan Cuma Daya Tahan untuk Amankan Juara Women Age 40-44

Persaingan ketat terjadi dalam perebutan juara umum East Java Trilogy 2024 kategori Women Age 40-44. Selvi Soegianto dan Fenny Anriany akan bertarung. Keduanya sama-sama mengumpulkan 36 poin.

Selvi dan Fenny saling berbalas kemenangan di dua seri sebelumnya. Fenny menang di seri pembuka Antangin Bromo KOM X dan memaksa Selvi di peringkat kedua. Sementara, di Kediri Dholo KOM situasinya berbalik. Keduanya pun akan bertarung habis-habisan di balapan terakhir, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024. 

Keduanya mengaku belum pernah menjajal langsung rute pendakian menuju Paltuding, Ijen. Artinya, pertarungan keduanya tidak hanya soal kekuatan dan daya tahan semata. Tapi juga soal penentuan strategi. Salah menentukan langkah, kesempatan juara bakal melayang. 

Segmen tanjakan di Ijen sangatlah panjang, yakni 26,9 Km. Elevasinya rata-rata dua digit dengan gradiens puncak mencapai 31 persen. Rute pendakian itu pun tergolong sebagai HORS Categorie. Klasifikasi untuk tanjakan sangat terjal.

"Disesuaikan dengan pace kemampuan saja. Jangan terburu-buru. Saya baru diberi tahu kalau nanjaknya 27 Km. Jadi harus sabar," kata Selvi. 

Cyclist asal Banyumas itu pun mengaku ingin memberikan yang terbaik. Terlebih mengikuti East Java Trilogy sudah jadi keinginannya sejak lama. "Saya tetap kasih yang terbaik dan mempersiapkan teknis di sepeda dan fisik harus fit," imbuhnya.

Sementara itu, Fenny menyebut persiapannya jelang EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM terganggu dengan kesibukan pribadinya. Bahkan intensitas latihannya menurun dibandingkan saat turun di Kediri Dholo KOM Juli lalu. "Targetnya tetap kuat aja sampai finis. Yang ikut Ijen tersisa perempuan-perempuan kuat. Jadi fokus sama diri sendiri saja," ungkap Fenny. 

Peluang podium juga ada pada Ivo Ananda. Saat ini dia di posisi ketiga klasemen dengan 22 poin dari dua seri awal East Java Trilogy 2024. Maka, asalkan mampu finis aman dan dapat poin di Ijen KOM, maka podium Trilogy bisa diamankan.

Pesaing terdekatnya ialah Mariany Priono, cyclist asal Manokwari, Papua Barat. Saat ini, Mariany tertinggal poin cukup jauh dari Ivo, yakni 10 poin. Peluang kecil namun tetap terjaga.

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 akan berlangsung 21 September mendatang. Ajang penutup East Java Trilogy itu, akan diramaikan 500 cyclist dari dalam dan luar negeri. (Mainsepeda)


COMMENTS