Cerita Janu Joni Nge-Drop di Bentang Jawa 2024

Rasa penasaran terhadap event ultra-cycling Bentang Jawa 2024 bisa terobati melalui video Youtube milik Yanuar Dwi Cahyanto. Tapi nama tenarnya ialah Janu Joni. Cyclist asal Solo ini mengkolase momen-momen dirinya selama mengikuti event bersepeda sejauh 1.500 Km ini. 

Banyak tangkapan mata kamera yang sangat menarik. Keindahan sepanjang pantai selatan Jawa menjadi pemanisnya. Tapi tak sedikit pula, Janu mengeluh. Bukan soal eventnya, tapi banyak tantangan yang ditemuinya sepanjang perjalanan. Mulai dari angin yang kencang, kaki bengkak, hingga salah strategi. 

Video dimulai dengan perjalanan Janu menuju Carita. Lokasi start Bentang Jawa 2024. Di titik start, ia sempat bercengkrama dengan pair paling viral, Johnny Ray dan Nila Furaida. Terlihat Johnny tampak gugup. 

Perjalanan pun dimulai tepat pukul 5.30 WIB. Baru 40 Km bersepeda para peserta sudah disajikan segmen nanjak. Namun, angin yang melawan arah bersepeda menjadi masalahnya. Ia bahkan mengaku mentalnya sempat drop.  

Video Janu Joni: BENTANG JAWA (part 1) | GOWES 1500 KM MELINTASI PULAU JAWA

"Jalan datar yang biasanya bisa 30 Kpj, itu hanya bisa 20, 15, bahkan 13 Kpj saja. Itu di jalan datar. Itu bikin drop. Tapi ketika sudah di Jawa Tengah sudah merasa tenang karena merasa dirumah sendiri," kata Janu. 

Selain itu, perjalanan selama di Jawa Barat juga menimbulkan culture shock. Ia mengaku heran karena tak ada aktivitas masyarakat dari tengah malam hingga matahari terbit. Janu pun kesulitan mencari asupan makanan dan minuman saat itu. 

"Di Jawa Barat di desa-desa pantai itu jam 12 malam sampai jam 6 pagi itu seperti tidak ada kehidupan. Saya aja baru ketemu warung jam 6-an itu," imbuhnya. 

Rute pohon pisang yang sempat dikutip John Boemihardjo pun terlihat di video itu. Janu juga awalnya sempat kebingungan karena rutenya masuk ke kebun milik warga. Rute ini merupakan bagian jalur gravel yang disiapkan oleh panitia. 

"Saya tidak bayangin jam 12 malam lewat ke jalur ini. Masuk ke area rumah orang. Takutnya dikira maling," canda Janu.

Video Janu ini baru bagian pertama. Tapi kalau anda penasaran bisa kunjungi langsung Youtube Janu Joni. (Mainsepeda)


COMMENTS