Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dan Mainsepeda telah bersepakat untuk saling bahu membahu menggelar EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024. Kesepakatan ini lantas diimplementasikan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Seri terakhir East Java Trilogy ini rencananya akan digelar Sabtu, 21 September 2024 mendatang. 500 cyclist diproyeksikan akan ikut meramaikan event ini. Pelaksana Tugas (Plt) Kadispora Banyuwangi M.Alfin Kurniawan menjelaskan penandatangan MoU ini sebagai bentuk komitmen untuk mendorong Banyuwangi sebagai ikon Kota Sepeda di Indonesia.

"Dengan event ini, harapannya Banyuwangi semakin dikenal sebagai ikon sepeda di Indonesia. Kami terbuka untuk pihak ketiga menyelenggarakan event sepeda baik nasional maupun internasional," kata Alfin. 

M.Alfin Kurniawan telah mendatangani MoU Penyelenggaraan EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024.

Tahun ini EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM memasuki edisi keempat. Event ini pertama kali digelar pada tahun 2022 silam. Seperti event-event East Java Trilogy yang lain, para peserta akan lebih dulu bersepeda mengeliling kota. Setelahnya baru akan menuju rute pendakian. Di Banyuwangi, para cyclist akan menanjak ke puncak Paltuding. Segmen tanjakan ini paling berat daripada dua event Trilogy lainnya, yakni Bromo KOM dan Kediri Dholo KOM. 

Baca Juga: Cerita Janu Joni Nge-Drop di Bentang Jawa 2024

Lintasan menanjak ini sangat panjang, yakni 26,9 Km. Total elevasinya 1.700 meter. Gradiens paling terjal mencapai 31 persen yang membuat tanjakan ini termasuk dalam kategori HORS Categorie. Klasifikasi untuk tanjakan yang paling terjal di dunia balap sepeda. 

"Kita jalin kerjasama dengan mengembangkan kegiatan olahraga bersepeda di Banyuwangi, kalau bekerja sendiri kan sulit. Kita ajak beberapa komunitas dan pihak lain termasuk Mainsepeda. Dari kami menyiapkan sarana dan prasarananya," imbuh Alfin. 

Di sisi lain, perwakilan Mainsepeda Donny Rahadian mengucapkan apresiasi tinggi kepada Pemkab Banyuwangi atas dukungan yang diberikan. "Terima kasih kepada Pemkab Banyuwangi atas dukungannya pada penyelenggaraan EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024," jelasnya. 

Selain melakukan finalisasi kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi, Tim Mainsepeda juga mendatangi sejumlah lokasi di kota Blambangan, julukan Banyuwangi. Mulai dari mengunjungi Banyuwangi Park yang rencananya akan menjadi lokasi start. Mereka juga tak lupa mendatangi ke GOR Tawang Alun. Lokasi ini akan dimanfaatkan sebagai lokasi pit stop. (Mainsepeda) 

Populer

Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman
Kuota Terpenuhi, 500 Peserta Bakal Ramaikan Kediri Dholo KOM 2024
6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri
Ijen KOM 2024: Jarak Lebih Jauh, COT Lebih Panjang
Bianchi Merilis Sprint, Road Bike dengan Harga Terjangkau
Ijen KOM 2024: Inilah Kuliner Hidden Gem Banyuwangi, Wajib Cicip!
Ijen KOM 2024: Tanjakan HORS Categorie Penentu Juara Men Elite
Tips Merakit Frame Ukuran Ekstra Kecil
Menang di Montreal, Modal Pogacar Buru Gelar Juara Dunia 
Cervelo P5x Lamborghini, Hanya Ada 25 Biji