Ijen KOM 2024: Cek Rute Digelar, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 Dimodifikasi 

Cek rute sebelum pelaksanaan event Mainsepeda sudah seperti ritual wajib. Begitu pun jelang penyelenggaraan EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 yang akan digelar pada 21 September 2024. Pengecekan terakhir ini dilakukan pada Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Setidaknya 20 cyclist ikut berpartisipasi dalam acara ini. Termasuk Founder Mainsepeda Azrul Ananda beserta AA SoS (Azrul Ananda School of Suffering) dan Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC). 

Dari cek rute ini, penyelenggara sudah mengantongi gambaran lintasan yang dilalui. Sejumlah perubahan pun disiapkan. Seperti lokasi start dan pit stop yang berbeda dibandingkan edisi tahun lalu. 

"Kita pindah posisi start-nya EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM. Tahun ini start di Banyuwangi Park kemudian kita nge-loop dulu sekitar 50 Km melewati tempat-tempat menarik di Banyuwangi," kata Azrul Ananda. 

Ahmad Rizal Adi Chandra menjadi pembalap terdepan saat cek rute.

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 diproyeksikan akan memulai start di Banyuwangi Park. Tahun lalu, lokasi start berada di Pendopo Sabha Swagata. Banyuwangi Park sendiri adalah wahana edukasi dan hiburan keluarga yang menjadi ikon baru di Kabupaten Banyuwangi. Dari sana, rombongan akan melakukan perjalanan menuju selatan ke arah Bandar Udara Banyuwangi. 

Setelahnya peloton akan kembali menuju kota. Tujuannya ialah GOR Tawang Alun yang disimulasikan menjadi lokasi pit stop. Sebelumnya lokasi re-grouping dipusatkan di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. Direncanakan para peserta akan beristirahat selama 30 hingga 45 menit sebelum kembali gowes.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Siap Dukung EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024

Arah lintasan kemudian akan menuju ke barat untuk mendaki ke puncak Paltuding, Ijen. Diawali Start KOM (King of Mountain) yang ditandai dengan Gerbang Ijen Geopark. 2,5 Km dari GOR Tawang Alun. Segmen tanjakan ini akan melintasi jarak 26,9 Km dengan total elevasi mencapai 1,700 meter. Gradiens tertingginya di atas 30 persen yang berada di erek-erek. 

"Yang ingin finis sebelum COT (Cut Of Time), jaga pace saja. Main aman. Santai. Kalau mau istirahat, tenangkan hati dulu. Pelan-pelan saja naiknya. Intinya jangan emosi setelah KOM start sampai Rest Area Jambu karena 14 Km setelahnya menakutkan," imbuh Azrul.

Rombongan cek rute bertolak dari GOR Tawang Alun. 

Sementara itu, Sekretaris BRCC M. Alfin Kurniawan berharap anggota timnya dapat merebut podium pada penyelenggaran EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM. Termasuk pada kelas Men Elite. 

"Ya kalau melihat tadi BRCC semuanya finis. Alhamdulillah semoga besok event, BRCC targetnya podium. Apalagi ini kan kita tuan rumah. Ini daerah kita. Setiap hari kita latihannya di sini," kata Alfin.  

Ada yang unik dalam penyelenggaraan tes rute hari ini. Karena perwakilan BRCC banyak diisi atlet-atlet muda. Azrul akhirnya membuat kompetisi non-formal. Tiga cyclist terdepan akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Dalam tantangan ini, pembalap muda Ahmad Rizal Adi Chandra pemenangnya. 

"Ya saya senang karena hasil latihannya ada peningkatan," kata cyclist yang berasal dari Kalimantan Timur ini. 

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 sendiri akan diikuti lebih dari 500 peserta. Jumlah ini menjadi rekor peserta terbanyak sejak edisi pertama digelar pada tahun 2022 lalu. (Mainsepeda)


COMMENTS