Vuelta a Espana 2024, Etape 14: Kaden Groves Jadi Pemenang di Balapan Pegunungan

Balapan dari Villafranco del Bierzo ke Villablino merupakan lintasan terpanjang dengan jarak 200,5 Km. Tak hanya itu, rute ini juga dikategorikan sebagai etape pegunungan dengan segmen tanjakan 2.876 meter. Namun, Kaden Groves yang seorang sprinter secara mengejutkan memenangkan balapan etape 14 Vuelta a España yang digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Rute ini memiliki dua tanjakan. Pendakian terakhir menjadi yang paling sulit karena merupakan tanjakan kategori 1. Tapi status itu didapatkan karena panjangnya lintasan, bukan tingkat kemiringan yang terjal. Puncak Puerto de Lietariegos berada di 1.525 meter di atas permukaan laut. Panjang lintasannya 22,4 Km dengan gradiens rata-rata hanya 4,5 persen. Pendakiannya cukup landai, tapi konstan.

Tanjakan ini ditutup dengan jalan menurun menuju garis finis. Walhasil, para pembalap sprinter yang bertahan di tanjakan tersebut menguasai segmen terakhir tersebut. Groves juga diuntungkan pergerakan Visma-Lease a Bike yang bekerja sepanjang hari untuk menjaga Wout van Aert. Pembalap Belgia ini diharapkan mampu meraih kemenangan keempatnya. Namun, skenario tersebut faktanya berhasil dirusak Groves dan timnya, Alpecin-Deceuninck.

Baca Juga: Cek Rute Digelar, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 Dimodifikasi 

Pembalap Australia ini mengalahkan Van Aert dalam sprint di 150 meter terakhir. Sebelumnya Groves mendapatkan dukungan lead out di kilometer terakhir oleh rekannya, Edward Planckaert. Sedangkan, peringkat ketiga diisi oleh Corbin Strong yang juga berasal dari Australia.

"Dalam pendakian saya cukup baik. Saya pikir akan menjadi sulit ketika mereka (climber) mencoba menyerang. Tapi bersyukur Visma Lease a Bike melakukan sebuah penghadangan dan tidak ada seorang pun menyerang. Terima kasih juga untuk rekan setim yang mendukung saya sehingga kami bisa mengontrol finis," kata Groves.

Meski menang, Groves hanya berhasil mengurangi 3 poin dalam perebutan jersey hijau atau klasemen points. Poin keduanya pun masih sangat jauh, yakni terpisah 109 poin. Van Aert sendiri telah mengumpulkan 291 poin. 

Di lain pihak, klasemen general classification (GC) juga tak banyak berubah. Ben O'Connor masih berhak atas maillot rojo atau jersey merah dengan keunggulan 1 menit 21 detik dari Primoz Roglic. Posisi tiga besar juga tak berubah karena adanya pembalap Movistar, Enric Mas. 

Situasi balapan hampir saja membuat Roglic kehilangan waktu. Pembalap Slovenia ini sempat mengalami masalah di sepedanya dan harus melakukan pergantian unit. Kejadian tersebut terjadi di 9 Km sebelum finis. Beruntung Roglic mampu mengejar peloton dan finis bersama rombongan terdepan. Termasuk di dalamnya ada O'Connor. (Mainsepeda) 

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS