Vuelta a Espana 2024, Etape 15: Castrillo Tak Terhentikan di Pendakian Cuitu Negru

Bukan Primoz Roglic atau Ben O'Connor yang menjadi bintang di pekan kedua Vuelta a Espana 2024. Melainkan, pembalap muda Pablo Castrillo. Cyclist dari klub kasta kedua UCI Equipo Kern Pharma ini mencetak kemenangan keduanya usai melakoni etape 15 pada Minggu, 1 Agustus 2024. Sebelumnya ia naik podium pertama pada etape 12. 

Castrillo merupakan satu dari tiga cyclist terdepan ketika mendaki puncak Cuitu Negru. Tanjakan dengan HORS Categorie. Namun, 3 Km sebelum finis pembalap 23 tahun ini melakukan breakaway. Ia sempat menjauh dari dua pesaingnya, Aleksandr Vlasov (Red Bull-BORA-Hansgrohe) dan Pavel Sivakov (UAE Team Emirates). 

Akan tetapi, Vlasov kembali mengejar Castrillo ketika balapan menyisakan 900 meter. Keduanya pun terlibat persaingan yang ketat. Memasuki puncak gradiens yang mencapai 24 persen, Vlasov kehabisan tenaga dan akhirnya menyerah. Pembalap Rusia ini membiarkan Castrilo menyelesaian balapan seorang diri. Vlasov berjarak 12 detik dari Castrillo ketika melewati garis finis. Sedangkan, podium terakhir menjadi milik Sivakov.

"Sebenarnya, Saya datang dengan harapan untuk melakukan break dan melihat sejauh mana akan pergi. Tapi tidak berpikir akan berada di posisi bisa untuk menang. Kemenangan pertama sulit dipercaya, dan yang kedua seperti mimpi," kata Castrillo. 

Baca Juga: Cek Rute Digelar, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 Dimodifikasi 

Di lain pihak, Primoz Roglic(Red Bull-BORA-Hansgrohe) kembali mengikis jarak waktu dari pimpinan klasemen general classification (GC) Ben O'Connor. Juara 3 kali Vuelta a Espana ini mengakhiri balapan di posisi kelima. Sedangkan, O'Connor lebih lambat 38 detik dari Roglic dan finis di lis ke-11. 

Hasil ini membuat jarak waktu keduanya tereduksi hanya tinggal 43 detik. Namun, pihak panitia memberikan sanksi penalti waktu 20 detik kepada Roglic. Ia dinilai telah melakukan pelanggaran karena melaju di belakang mobil tim. Walhasil, perbedaan waktu keduanya berubah menjadi 1 menit 3 detik. 

Balapan akan libur selama satu hari sebelum memasuki pekan ketiga. Ben O'Connor mengaku akan memanfaatkan waktu rehat untuk tampil lebih baik dan mempertahankan posisinya di puncak klasemen GC. 

"Saya masih memimpin, jadi tak apa. Saya akan beristirahat besok, mencoba menikmatinya dan akan tampil lebih baik di Lagos de Covadonga," jelasnya. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


 

 


COMMENTS