Vuelta a Espana 2024, Etape 17: Tuah Van Aert Mundur, Groves Raih Hat-trick

Kaden Groves mendapatkan tuah berkat absennya pembalap andalan Visma-Lease a Bike, Wout van Aert. Pembalap Alpecin-Deceuninck ini meraih kemenangan ketiganya di ajang Vuelta a Espana 2024 pada Rabu, 4 September 2024. Menjalani etape 17, Groves menyelesaikan balapan sebagai yang terbaik usai mengalahkan Pavel Bittner. 

Seperti diketahui, Van Aert mengundurkan diri dari balapan akibat inisiden kecelakaan pada etape sebelumnya. Pembalap Belgia ini tergelincir di tikungan yang licin sehingga mengalami cedera di lututnya. Pihak klub pun memutuskan menarik keikutsertaan Van Aert dari Vuelta. Tak ingin pembalapnya menderita cedera lebih parah. 

Berkah mundurnya peraih medali perunggu Olimpiade 2024 ini membuat Groves mendapatkan hibah jersey hijau atau pemuncak klasemen Points. Sebelumnya jersey hijau selalu dikenakan oleh Van Aert sejak etape 3. Selain itu, Groves juga sudah tak memiliki pesaing berat sesama pembalap sprinter. Kesimpulannya juara klasemen Points hampir pasti di genggaman Groves.  

Hujan menghiasi kota Santander yang dijadikan lokasi finis balapan etape 17. Hal ini memaksa para pembalap lebih hati-hati. Namun, serangan coba dilancarkan oleh Viktor Campenaerts (Lotto-Dstny) di kilometer terakhir jelang finis. Namun, upaya gagal berbuah manis. 

Baca Juga: Transfer Service Solusi Mudah dan Nyaman Para Cyclist

Groves yang menanti dengan sabar di tengah peloton mulai menambah kecepatannya pada 200 meter terakhir. Ia memisahkan diri dari rombongan dengan bermanuver ke sisi kiri. Akselerasinya diikuti oleh Bittner. Namun, pembalap DSM-firmenich PostNL itu gagal mengejar. Ia pun harus puas duduk sebagai peringkat kedua. Sementera Vito Braet dari Intermarche-Wanty mengisi podium terakhir. 

"Hari yang sulit. Dimulai dengan medan yang kering, kemudian basah di finis. Itu membuat balapan menjadi berbahaya. Tapi tim saya sangat kuat dan luar biasa hari ini," ungkap pembalap asal Australia ini.

Groves menambah 40 poin ke dalam kantongnya sehingga semakin tak terkejar di puncak klasemen Points. Cyclist 25 tahun ini total memiliki 222 poin. Ia unggul dua kali lipat lebih banyak dari Bittner yang ada di posisi kedua. 

Di lain pihak, komposisi klasemen general classification (GC) tak berubah banyak. Hal ini karena para cyclist di posisi atas finis di dalam peloton terdepan. Ben O'Connor masih berhak atas maillot rojo. Sedangkan, Primoz Roglic menempel ketat dengan perbedaan lima detik. Posisi ketiga diisi pembalap Movistar, Enric Mas. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS