Vuelta a Espana 2024, Etape 18: Pembalap Tak Dikenal Sukses Memenangi GrandTour

Pembalap tak dikenal memenangi balapan etape 18 Vuelta a Espana 2024 pada Kamis, 5 September 2024. Ia bernama Urko Berrade. Cyclist berusia 26 tahun dari tim Equipo Kern Pharma.

Ini adalah kemenangan pertama Berrade di balap sepeda profesional. Bahkan di level ProTour maupun kelas balapan UCI lainnya, ia tak pernah sekalipun naik panggung podium. 

Lahir di Pamplona, Berrade terlihat sangat emosional di garis akhir. Ia merayakan kemenangannya bersama rekan satu teamnya Pau Michael yang finis ketiga. Michael hampir saja mengakhir balapan di belakang Berrade, tapi Mauro Schmid (Jayco AIUIa) mengalahkannya jelang garis finis. 

Berrade melepaskan diri dari kelompok terdepan yang berisi 42 pembalap. Tepat di 5,7 Km sebelum finis, ia mendahului Steven Krujswjk (Visma Lease a Bike) pada pendakian terakhir. Setelahnya laju Berrade tak terbendung. Ia finis seorang diri. Peloton pengejar berisi tujuh pembalap yang dipimpin Schmid baru menyelesaikan balapan 4 detik setelah Berrade.

Baca Juga: Ramai-Ramai Bidik Juara Trilogy Men Age 45-49

"Pada awal dari Vuelta, manajer kami mengatakan bahwa saya harus menjadi terkenal. Saya pikir itu sulit bagi saya karena saya bukan sorotan media besar. Tapi dengan kemenangan ini, saya punya peluang untuk itu," kata Berrade. 

Sementara itu, pimpinan klasemen general classification (GC) Ben O'Connor masih berhak atas maillot rojo atau jersey merah. Pembalap Australia ini finis bersama peloton yang berisi 17 pembalap lain. Termasuk di dalamnya ada Primoz Roglic. Pesaing terdekat O'Connor dalam perebutan juara. Kelompok ini finis 6 menit 40 detik di belakang pemenang balapan.  

"Kami harus balapan hampir setiap hari dan semua orang kelelahan. Saya masih memimpin dan saya senang meraihnya (jersey merah) untuk hari yang lain. Saya menyukainya dan menikmatinya," kata O'Connor.  

O'Connor dan Roglic hanya terpisah lima detik saja di GC. Itu berarti keduanya akan habis-habisan di dua etape pegunungan setelah ini. Etape 19 akan diakhiri dengan finis di puncak Alto de Moncalvillo. Dataran tinggi 1.490 meter di atas laut. 

Sedangkan, etape 20 adalah queen stage di Vuelta tahun ini. Rute yang dimulai di Villacayo akan melibatkan tujuh pendakian utama. Puncaknya ialah finis di Picon Blanco yang punya tanjakan kategori 1. (Mainsepeda) 

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS